Keturunan PKI Boleh Daftar TNI, Begini Penjelasan Panglima TNI Jenderal Andika

- Kamis, 31 Maret 2022 | 11:23 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa

HARIAN HALUAN.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengeluarkan aturan baru dan menghapus sejumlah persyaratan penerimaan Prajurit TNI Tahun 2022. Andika Perkasa menegaskan, di eranya penerimaan Prajurit TNI tidak lagi melihat masalah keturunan.

Panglima TNI Jenderal Andika membolehkan keturunan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk mendaftar sebagai calon prajurit TNI. Hal itu ia sampaikan ketika memimpin rapat penerimaan Taruna Akademi TNI, Perwira Prajurit Karier TNI, Bintara Prajurit Karier TNI dan Tamtama Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2022.

"Zaman saya tidak ada lagi keturunan dari apa, tidak karena saya menggunakan dasar hukum. hilang nomor 4," katanya saat memimpin Rapat Penerimaan Prajurit TNI Tahun 2022, sebagaimana dilansir Harian Haluan di Pikiran-Rakyat.com.

Awalnya anggota Jenderal Andika membacakan sejumlah persyaratan penerimaan Prajurit TNI. Setelah mendengar, ia tampak menegaskan keturunan apa yang dimaksud.

Baca juga: Panglima TNI: Pola Pengamanan di Papua Lebih Natural

"Ini sudah urutan berikutnya dari yang tadi, oke nomor 4 yang ingin dinilai apa, kalau dia ada keturunan apa?" katanya.

"Pelaku kejadian tahun 65-66," jawab anggotanya.

Andika Perkasa sempat mempertanyakan dasar hukum yang digunakan kepada anggotanya terkait persyaratan nomor empat yang tidak membolehkan keturunan PKI mendaftar sebagai Prajurit TNI.

"Itu berarti gagal, apa bentuknya apa, dasar hukumnya apa," ujarnya.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X