Puan Maharani Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19 untuk Permudah Masyarakat Mudik

- Jumat, 1 April 2022 | 11:45 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemerintah percepat vaksinasi booster untuk mempermudah masyarakat mudik lebaran Idul Fitri 2022 (Dok: dpr.go.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani minta pemerintah percepat vaksinasi booster untuk mempermudah masyarakat mudik lebaran Idul Fitri 2022 (Dok: dpr.go.id)



HARIAN HALUAN - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat capaian vaksinasi booster Covid-19.

Dengan begitu, masyarakat tidak kesulitan saat hendak mudik Idulfitri nanti.

Vaksinasi booster memang tidak menjadi syarat bagi pemudik.

Namun masyarakat yang belum mendapat booster, diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes antigen jika baru mendapat dua dosis vaksin, dan tes PCR untuk yang baru menerima dosis pertama vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Untuk itu Puan menekankan pentingnya vaksinasi booster digencarkan.

“Permudah masyarakat mudik dengan mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya untuk daerah-daerah yang banyak pemudik. Program booster yang dilakukan saat ini sudah cukup baik, tapi perlu semakin dimaksimalkan agar nantinya masyarakat lebih aman ketika mudik Idulfitri,” kata Puan  dalam keterangan persnya, Kamis (31/3/2022).

Agar cakupan vaksinasi booster Covid-19 bisa semakin optimal, Puan mendorong Pemerintah meningkatkan kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan maupun lembaga lainnya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan upaya door to door.

“Perbanyak program vaksin booster yang menyasar pemudik. Datangi permukiman yang banyak ditinggali pekerja dari luar daerah jauh sebelum Idulfitri sehingga imun masyarakat sudah terbentuk sebelum mereka akan mudik,” jelas Puan.

Mantan Menko PMK ini pun mendukung kerja sama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan serta instansi lain yang membuka layanan posko vaksin booster bagi pemudik.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X