Sumber Penularan Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Harus Terapkan Ini

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:01 WIB
Awal munculnya Hepatitis akut misterius di Indonesia (mohammed_hassan/pixabay)
Awal munculnya Hepatitis akut misterius di Indonesia (mohammed_hassan/pixabay)

HARIANHALUAN - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat menyinyalir penularan hepatitis akut berasal dari makanan. Untuk itu, masyarakat diminta senantiasa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan, antisipasi dini yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan PHBS dan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga: Waspada Hepatitis Misterius, Pemko Bukittinggi Siapkan Langkah Preventif

"Yang kita lakukan adalah menerapkan prokes, rajin mencuci tangan. Karena disinyalir penularan utamanya melalui makanan. Jadi kita harus rajin mencuci tangan dan lain-lain," kata Erizon, dikutip dari Suara.com, Rabu, 11 Mei 2022.

Erizon membenarkan, penyakit hepatitis akut yang tengah merebak saat ini merupakan penyakit baru yang masih diselidiki. Mulai dari sumber virus hingga cara penularannya.

Baca Juga: Menkes Budi: Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Makanan dan Mulut

Erizon mengatakan saat ini belum ada program khusus di puskesmas untuk penanganan hepatitis, seperti vaksinasi karena masih diselidiki penyebab dan penularannya.

Sejauh ini, kasus terpapar penyakit hepatitis akut baru didapatkan dari tiga pasien anak meninggal dunia yang sebelumnya dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

"Di Jakpus data yang kita dapatkan tiga kasus meninggal RSCM, itu yang kita dapat untuk saat ini," kata dia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X