Jokowi ke AS, Wapres Ma’ruf Amin Ambil Alih Tugas Presiden

- Kamis, 12 Mei 2022 | 10:05 WIB
Wapres RI, Ma’ruf Amin (Foto/Dok BPMI Setpres)
Wapres RI, Ma’ruf Amin (Foto/Dok BPMI Setpres)

HARIANHALUAN - Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat ini mengemban tanggung jawab memegang tugas Presiden Joko Widodo di Indonesia.

Hal ini sehubungan dengan Presiden Jokowi yang tengah kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat, dari 10 sampai 16 Mei 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hanya Disambut Dubes di AS, Berlian Idris: Tidak Ingin Merepotkan Tuan Rumah

Penugasan ini tertuang dalam penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2022 tentang penugasan Wakil Presiden melaksanakan tugas Presiden.

“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan atau kenegaraan ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air,” seperti dikutip dari Keppres tersebut melalui INews.id, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Mantan Menteri Roy Suryo Sindir Jokowi ke AS Pakai Pesawat Garuda

Penugasan Wapres tersebut dilakukan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dan tugas sehari-hari Presiden selama berlangsungnya kunjungan kerja ke Washington DC tersebut.

“Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden,” bunyi Keppres tersebut.

Sejumlah agenda yang dijalankan Wapres Ma’ruf saat menggantikan tugas Presiden Jokowi di antaranya:

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X