Dicap Rasis dan Hoaks, Ruhut Sitompul Buka Suara Terkait Meme Anies Baswedan Berpakaian Adat Papua

- Kamis, 12 Mei 2022 | 13:23 WIB
Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul

HARIAN HALUAN- Politikus PDIP Ruhut Sitompul buka suara mengenai kehebohan postingan di Twitternya soal foto Anies Baswedan berpakaian adat Papua koteka.

Terkait dicap hoaks karena foto yang disebar adalah editan, Ruhut pun mengaku bahwa foto editan soal Anies Baswedan pakai baju adat Papua tersebut bukan dibuat oleh dirinya.

Ia pun menyangkal dituding membuat hoaks lewat postingannya tersebut.

Baca Juga: Profil Medina Zein yang Disebut Lakukan Penipuan Terhadap Sejumlah Artis

Bahkan Ruhut pun tak ambil pusing dengan tanda pagar (tagar) #RuhutLanggarUUITE yang menjadi trending topic di Twitter sebagai buntut dari postingannya itu.

“Tapi ya itu gambar bukan aku yang bikin, bukan aku yang hoaks,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari SindoNews, Kamis 12 Mei 2022.

Menurut Ruhut, postingannya itu bermaksud untuk menyindir tingkah Anies Baswedan yang dinilainya kerap mengenakan pakaian adat daerah yang tengah dikunjungi, agar dianggap orang Indonesia asli.

Ruhut pun mengingatkan bahwa Anies Baswedan pernah mengaku sebagai orang Jawa dan Yogyakarta tulen. Lalu, kata Ruhut, ada netizen yang membuat foto Anies Baswedan berpakaian adat Papua lengkap dengan koteka.

“Jadi aku mau bilang di Twitter aku masuk gambar kek gitu, aku jadi ingat, bagaimana selama ini termasuk kalian media. Pertama, dia (Anies Baswedan, red) keturunan dari Timur Tengah, Yaman, betul enggak bos?” kata Ruhut.

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Sumber: Sindo News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X