Apa Itu Penyakit Kuning? Kenali Penyebab dan Cara Penularannya

- Senin, 16 Mei 2022 | 10:40 WIB
Ilustrasi kondisi darurat terhadap keberadaan hepatitis akut (penyakit kuning) pada anak seluruh dunia. (Pexels.com/Pixabay) (Penulis: Shivana Wijaya)
Ilustrasi kondisi darurat terhadap keberadaan hepatitis akut (penyakit kuning) pada anak seluruh dunia. (Pexels.com/Pixabay) (Penulis: Shivana Wijaya)

HARIANHALUAN - Penyakit kuning adalah salah satu penyakit yang sering dialami bayi baru lahir. Penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya, namun juga bisa semakin parah.

Lantas, apa itu penyakit kuning? Untuk selengkapnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Penyakit Kuning?

Seperti dikutip dari Suara.com, Senin, 16 Mei 2022, penyakit kuning adalah suatu penyakit yang menyebabkan kulit dan bagian putih mata menjadi kuning.

Baca Juga: Kemenkes: Hepatitis Akut Bisa Menular Lewat Udara, Tetap Pakai Masker

Penyakit kuning ini muncul karena kelebihan bilirubin. Bilirubin adalah bahan kimia kuning dalam hemoglobin, yakni zat yang membawa oksigen dalam sel darah merah Anda.

Saat sel darah merah rusak, tubuh Anda membangun sel baru untuk menggantikannya, sedangkan yang lama diproses oleh hati.

Jika hati tidak dapat menangani sel-sel darah yang rusak, maka bilirubin menumpuk di dalam tubuh dan kulit Anda mungkin terlihat kuning.

Baca Juga: Kronologi Bocah Meninggal Diduga Hepatitis Akut, Seluruh Tubuh Kuning Seperti Kunyit

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X