Foto Menag Yaqut Rangkul Pelaku LGBT Ragil Mahardika Viral, Wamenag: Harus Bijak dan Cerdas!

- Senin, 16 Mei 2022 | 11:56 WIB
Foto Menag Yaqut yang viral rangkul pelaku LGBT rupanya editan
Foto Menag Yaqut yang viral rangkul pelaku LGBT rupanya editan

HARIAN HALUAN- Baru-baru ini beredar foto Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tengah menggandeng pelaku LGBT.

Dalam foto yang beredar, Ragil Mahardika tampak mengenakan baju hijau-putih dan peci berisi keterangan 'Gus Ragil' Kader Ansor Cab. Jerman'.

Foto Menag merangkul Ragil Mahardika itu pun viral di media sosial. Tak sedikit warganet yang mengira itu foto asli dan mengomentari negatif.

Baca Juga: Luna Maya Dapat 'Surat Cinta' Gegara Ngebut di Amerika

Terkait foto tersebut, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi turut angkat suara mengomentari foto hoaks yang beredar di media sosial Twitter itu.

Menurut Zainut Tauhid, masyarakat harus cerdas dalam memilah informasi. Sebab, banyak sebaran konten di media sosial yang mengandung unsur provokatif maupun ujaran kebencian yang kerap mengadu domba seseorang.

"Kita harus bijak dan cerdas dalam menyaring setiap informasi. Kita harus saring sebelum sharing, agar kita tidak menjadi bagian dari orang yang menyebarkan fitnah dan kebencian," kata Zainut dalam laman resmin Kemenag, dikutip Senin 16 Mei 2022.

Wamenag mencontohkan, beredarnya video gerakan salat jenazah yang dialamatkan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan gerakan ruku' dan sujud.

Kemudian juga foto Menag Yaqut menggandeng Ragil Mahardika, pelaku LGBT.

Padahal, lanjut Zainut, video dan foto tersebut setelah melalui pengamatan para ahli, dinyatakan palsu dan merupakan hasil rekayasa editan.

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X