Hipertensi Ancam Usia Muda, Begini Pencegahannya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:30 WIB
Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim
Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim

HARIANHALUAN - Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, hipertensi bukan hanya penyakit yang dapat diderita oleh orang tua.

Hipertensi pada usia muda di Indonesia ini juga cukup mengkhawatirkan sehingga perlu adanya kesadaran untuk mencegahnya sejak dini.

Data American Heart Association Journals menyebutkan bahwa tingginya tekanan darah di usia muda sangat berbahaya karena diketahui berperan besar terhadap munculnya kasus penyakit jantung koroner, gagal jantung, serangan jantung, dan stroke pada usia lebih dini.

Baca Juga: Kesimpulan Dokter: Tukul Arwana Alami Pendarahan di Otak karena Hipertensi

"Sebagai brand yang telah menemani dan menginspirasi keluarga Indonesia hampir selama 50 tahun melalui serangkaian produk sehat dan bercita rasa tinggi, Tropicana Slim kali ini ingin mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama untuk mencegah dan melawan penyakit hipertensi melalui kampanye #BeatHypertension," katanya.

Prof. dr. Rully M.A. Roesli, Sp.PD-KGH, PhD, Advisory Board Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia mengatakan hipertensi dapat dicegah dengan beberapa cara seperti menjalani pola makan sehat seperti pembatasan asupan garam, serta rutin melakukan pengecekan tekanan darah.

Faktanya, 29.7% orang Indonesia mengonsumsi makanan tinggi garam ≥1 kali per hari.2 Tingginya asupan garam sudah terbukti berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko terkena hipertensi. Anjuran batas asupan garam harian dari Kementerian Kesehatan RI adalah maksimal 5 gram/hari (1 sendok teh garam).

Baca Juga: Angka Hipertensi Milenial di Indonesia Meningkat, Penyebabnya Adalah Gaya Hidup!

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan label makanan sebelum membeli produk makanan serta hindari produk dengan kandungan garam atau sodium yang tinggi seperti makanan kaleng, daging olahan, dan mie instan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X