24 Persen Calon Jamaah Haji Terancam Tak Bisa Berangkat, Ternyata Ini Kendalanya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:23 WIB
PCIM Muhammadiyah Arab Saudi resmi membentuk Lembaga Khidmat Haji dan Umroh yang akan melayani jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah (Pexels/Konevi)
PCIM Muhammadiyah Arab Saudi resmi membentuk Lembaga Khidmat Haji dan Umroh yang akan melayani jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah (Pexels/Konevi)

HARIANHALUAN - Kementerian Kesehatan mencatat baru sekitar 76 persen calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dua dosis.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan Budi Sylvana mengatakan, 24 persen jemaah lainnya yang belum divaksinasi dosis lengkap, terancam untuk tidak diberangkatkan.

Baca Juga: 2.029 Calon Jamaah Haji Sumbar Sudah Konfirmasi Pelunasan

"Per hari ini baru 76 persen yang sudah dosis lengkap. Artinya baru 76 persen jemaah yang bisa berangkat ke tanah suci," kata Budi, dikutip dari Suara.com, Rabu, 18 Mei 2022.

Budi menegaskan Vaksinasi COVID-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Arab Saudi untuk menerima Jamaah Haji.

Terdapat tiga syarat perjalanan haji yang sudah ditentukan oleh pemerintah Arab Saudi, yaitu syarat vaksinasi COVID-19 minimal vaksin lengkap, PCR 72 jam sebelum keberangkatan dan syarat maksimal umur di bawah 65 tahun.

Baca Juga: Jamaah Haji Sumbar Wajib Tes PCR Sebelum Terbang ke Tanah Suci

“Menjadi tugas kita sama sama untuk menyakinkan jemaah untuk sesegera mungkin melengkapi vaksinasi dosis lengkap sesuai yang dipersyaratkan," imbuh Budi. (*)

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X