Syarat Perjalanan Terbaru Setelah Boleh Buka Masker, Tak Lagi Wajib Tes Covid-19

- Kamis, 19 Mei 2022 | 10:19 WIB
Jokowi Beri Izin Warga Lepas Masker, 7 Negara Ini Telah Lebih Dahulu Melakukannya, Mana Saja? Simak informasi lebih lengkapnya! (Pixabay @leo2014)
Jokowi Beri Izin Warga Lepas Masker, 7 Negara Ini Telah Lebih Dahulu Melakukannya, Mana Saja? Simak informasi lebih lengkapnya! (Pixabay @leo2014)

HARIANHALUAN - Setelah diperbolehkan buka masker di ruang terbuka, lantas bagaimana syarat perjalanan dalam negeri?.

Satgas COVID-19 juga sudah menyebar Surat Edaran Satgas Nomor 18 Tahun 2022 terkait protokol kesehatan pelaku perjalanan dalam negeri.

Pemerintah menerapkan relaksasi bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Salah satu perbedaan syarat perjalanan ini, warga tidak wajib memperlihatkan hasil negatif COVID-19 baik RT-PCR maupun antigen bagi yang sudah divaksinasi lengkap.

Baca Juga: Lepas Masker Diperbolehkan Jokowi, Puan: Jangan Euforia karena Pelonggaran

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.

"Di mana kembalinya lagi syarat perjalanan sebagaimana yang berlaku sebelum periode Idul Fitri dan mudik tahun 2022 dua, yaitu tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil RT-PCR atau antigen untuk pelaku perjalanan yang sudah divaksin dosis lengkap dan booster," kata Wiku dikutip dari Suara.com, Kamis, 19 Mei 2022.

Pelaku perjalanan diwajibkan untuk menunjukkan hasil RT PCR 3x24 jam atau antigen 1x24 jam apabila baru menerima satu dosis vaksin.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Makin Terkendali, Pemerintah Kini Bolehkan Masyarakat Lepas Masker di Ruang Terbuka

Kemudian kewajiban menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif COVID-19 dapat di kecualikan bagi pelaku perjalanan yang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X