Tepis Isu Pembangunan IKN Minin Dana, Luhut Bocorkan Arab Saudi Akan Investasi

- Minggu, 22 Mei 2022 | 12:05 WIB
Tangkapan layar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bangka Belitung 2022.  (Kementerian Perdagangan)
Tangkapan layar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Bangka Belitung 2022. (Kementerian Perdagangan)

HARIANHALUAN - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menepis isu Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara disebut minim pendanaan atau investasi.

Ini disampaikan Luhut saat menjadi pembicara secara virtual dalam Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki) pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Baca Juga: Selain Batu Bara, Kekayaan Alam Kalimantan Ini Jadi Alasan IKN Pindah ke Sana

"Saya sudah bertemu Mohammed Bin Salman, putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, yang menyatakan akan berinvestasi sangat besar," pungkas Luhut dikutip dari Kumparan.com, Minggu, 22 Mei 2022.

Sayangnya, Luhut tak menyebut berapa nilai investasi yang akan masuk dari Mohammed Bin Salman. Namun ia memastikan, Uni Emirat Arab juga akan masuk ke IKN melalui Indonesia Investment Authority (INA) sebesar USD 20 miliar.

Baca Juga: Ketahui Harta Karun yang Terpendam di Perut Bumi IKN Nusantara, Migas, Andesit hingga Emas dan Perak

"Selain itu, Uni Emirat Arab melalui Indonesian Investment Fund juga menyiapkan investasi USD 20 miliar," sambung Luhut.

Luhut meyakinkan bahwa pembangunan ibu kota baru menarik minat investor besar mancanegara. Terlebih lagi saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata.
Menurut Purnawirawan Jenderal TNI itu, banyak industri baru tumbuh di Kalimantan.

Di antaranya pembangunan industri energi di Kalimantan Utara, termasuk pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Gemarikan KKP Jangkau Desa Terpencil

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:26 WIB
X