Protes Kibarkan Bendera LGBT, Menlu Retno Panggil Dubes Inggris Owen Jenkins

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:19 WIB
Menlu Retno
Menlu Retno

HARIANHALUAN - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi akan memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, hari ini, Senin, 23 Mei 2022.

Pemanggilan ini terkait pengibaran bendera "pelangi" simbol kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Foto Menag Yaqut Rangkul Pelaku LGBT Ragil Mahardika Viral, Wamenag: Harus Bijak dan Cerdas!

"(Hari ini) Kemlu memang memanggil, namun akan diterima oleh pejabat yg menangani kawasan Amerop (Amerika-Eropa)," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Teuku Faizasyah dikutip dari CNBC Indonesia.

Menlu RI, kata Teuku, juga telah meminta pejabat terkait memanggil Dubes Inggris untuk memberikan klarifikasi atas kejadian ini.

Menurut Teuku, pengibaran bendera LGBT serta mempublikasikannya melalui akun resmi media sosial Kedubes Inggis adalah bentuk sikap tidak sensitif dari pihak Inggris terhadap Indonesia.

Baca Juga: LBH Sentil Mahfud MD yang Bela LGBT: Jika Negara Demokrasi, Bagaimana dengan FPI?

"Tindakan tersebut, disertai mempublikasikannya melalui akun resmi sosial media Kedubes Inggris (Instagram @ukinindonesia), sangatlah tidak sensitif dan menciptakan polemik di tengah masyarakat Indonesia," jelasnya.

"Kementerian Luar Negeri mengingatkan perwakilan asing untuk dapat menjaga dan menghormati sensitifitas nilai budaya, agama dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia," tambahnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Gemarikan KKP Jangkau Desa Terpencil

Kamis, 23 Juni 2022 | 10:26 WIB
X