Sejarah! Timnas Basket Indonesia Berhasil Rebut Emas Sea Games Setelah 31 Tahun Dikuasai Filipina

- Senin, 23 Mei 2022 | 13:22 WIB
Skuad Timnas Basket Indonesia Peraih Medali Emas Sea Games 2021
Skuad Timnas Basket Indonesia Peraih Medali Emas Sea Games 2021

Jakarta, HarianHaluan.com – Kabar gembira datang dari gelaran Sea Games 2021 Hanoi pada Minggu (22/5) Tim Nasional Basket Indonesia berhasil meraih emas sea games untuk pertama kalinya sejak penyelenggaraan sea games berlangsung.

Medali emas didapatkan setelah Indonesia berhasil menumbangkan Filipina, yang merupakan juara bertahan selama 13 kali berturut-turut. Pada laga final yang digelar di Thanh Try Gymnasium, Hanoi tersebut, Indonesia secara heroik berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 85-81.

Seperti yang diketahui, sejak ikut serta dalam nomor basket pada 1977, Indonesia belum sekalipun merasakan gelar juara. Indonesia hanya empat kali mendapatkan medali perak, dan tiga kali medali perunggu sepanjang keikutsertaannya.

Menariknya lagi, Indonesia berhasil merebut emas tersebut dari Filipina yang merupakan raja basket asia dan kontestan piala dunia basket.

Baca Juga: Berikut Penjelasan Singkat, Sejarah, dan Teknik dalam Permainan Bola Basket

Dalam gelaran Sea Games sendiri Filipina total telah menjuarai cabor basket selama 13 gelaran Sea Games berturut-turut.

Dalam gelaran Sea Games kali ini, Indonesia sebetulnya sudah memastikan setidaknya medali perak SEA Games 2021 berkat lima kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dimainkan.

Akan tetapi para pemain Timnas Basket tetap bermain ngotot demi mengukir sejarah mendapatkan medali emas untuk pertama kalinya.

Hal ini terlihat jelas dalam pertandingan yang berlangsung, bermain ngotot pada kuarter pertama Indonesia memimpin 18-14, 36-32 pada kuarter kedua, dan 63-60 pada kuarter ketiga di mana Filipina lebih banyak mencetak angka.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X