Ingin Beli Motor Bekas? Berikut Syarat-Syarat yang Harus Diperhatikan, Model Bukan Syarat Utama

- Jumat, 27 Mei 2022 | 14:58 WIB
Ilustrasi motor sport
Ilustrasi motor sport

Jakarta, HarianHaluan.com – Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan favorit bagi mayoritas masyarakat. Harganya yang relatif terjangkau hingga kemudahan dalam menggunakannya menjadikan alasan utama bahwa motor sangat laku di Indonesia.

Terkait hal ini, data dari Badan Pusat Statistik menyebut  jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai lebih dari 133 juta unit pada tahun 2019. Sementara, di tahun 2018, jumlah motor tercatat 106.657.952 unit, dan pada 2017 sebanyak 100.200.245 unit.

Jumlah permintaan yang kian tinggi tiap tahunnya membuat industri sepeda motor baru semakin menggeliat. Namun, tak semua masyarakat diketahui akan membeli motor baru, banyak diantara mereka yang bahkan memilih motor bekas dengan berbagai alasan.

Baca Juga: Motor Anda Masih Memakai Rem Tromol? Berikut Kiat-Kiat Merawatnya

Seperti yang diketahui, motor bekas memang relatif lebih terjangkau dari pada motor baru. Meski begitu, motor bekas sudah pasti memiliki banyak kelemahan dibanding motor baru.

Terkait hal ini, dikutip dari laman otomotif Kompas Darwin Danubrata, dari Songsi Motor di Jagakarsa, Jakarta, mengatakan, jika ingin beli motor bekas, jangan menuruti nafsusoal model, warna dan lainnya sebab hal terpenting ialah kondisi.

Sebab, diketahui banyak konsumen yang terpaku inginnya model tertentu, misalkan ingin Honda Scoopy atau Vario 150. Kemudian dengan budget yang ada memaksa ingin Yamaha Nmax sehingga tidak melihat motor lain.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung Lagi, Ini Cara Bayar Pajak 5 Tahunan Sepeda Motor

"Seperti Vario ada beberapa tipe, Beat juga ada beberapa tipe. Jangan terlalu pusing dengan tipe atau warna, yang penting lihat kondisinya kalau cari motor seken," kata Darwin.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:18 WIB
X