Syarat Masuk Arab Saudi Diubah, Calon Jamaah Haji Wajib PCR 72 Jam Sebelum Terbang

- Kamis, 2 Juni 2022 | 15:25 WIB
Ilustrasi calon jamaah haji diharapkan jaga kesehatan. (PIXABAY/Abdulla_Shakoor)
Ilustrasi calon jamaah haji diharapkan jaga kesehatan. (PIXABAY/Abdulla_Shakoor)

HARIANHALUAN - Ada perubahan terkait persyaratan untuk masuk ke Arab Saudi. Perubahan aturan ini, berkaitan dengan hasil tes PCR Covid-19, termasuk untuk para calon jamaah haji.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Budi Sylvana. Ia menyebut, kini hasil tes swab PCR bisa berlaku lebih panjang daripada durasi sebelumnya.

Baca Juga: Simak Jadwal Lengkap Penerbangan Jamaah Haji Embarkasi Padang

"Terjadi perubahan syarat masuk Arab Saudi, jika sebelumnya hasil tes PCR berlaku 48 jam, kini menjadi 72 jam. Kabar ini kami terima pagi ini," kata Budi Sylvana dikutip dari Okezone.com, Kamis, 2 Juni 2022.

Dengan perubahan syarat masuk Arab Saudi ini, artinya jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci harus sudah menjalani tes swab, 72 jam sebelum keberangkatan dan ini menjadi syarat mutlak yang tak bisa ditoleransi.

Baca Juga: Jamaah Haji Khusus Ternyata Diberi 'Bonus', Berapa Besarannya?

Jika hasil tes belum keluar dalam 72 jam, maka Budi menegaskan bahwa calon jamaah haji dipastikan tidak akan berangkat haji.

"Untuk itu waktu harus diperhitungkan sekali, jangan sampai terlambat mendapatkan hasil tes PCR Covid-19," tambahnya.

Dalam keterangannya, Budi menginformasikan soal cakupan vaksinasi calon jamaah haji. Saat ini calon jamaah haji yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dua dosis atau dosis lengkap, tercatat sudah 95 persen.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X