14 Universitas Terbaik di Indonesia Versi The AUR: UI Berhasil Kalahkan Dominasi UGM?

- Senin, 6 Juni 2022 | 10:25 WIB
Salah satu gedung di komplek Universitas Indonesia (UI) (foto: wartakota)
Salah satu gedung di komplek Universitas Indonesia (UI) (foto: wartakota)

Jakarta, HarianHaluan.com – Lembaga Times Higher Education Asia University Ranking baru saja merilis daftar peringkat universitas terbaik di Indonesia.

THE AUR 2022 adalah daftar peringkat 616 kampus terbaik dari 31 wilayah di Asia. Pemeringkatan THE AUR 2022 disusun berdasarkan indikator teaching (lingkungan belajar), riset (volume, income, dan reputasi), sitasi (pengaruh riset), international outlook (staf, mahasiswa, dan riset), serta industry income (transfer pengetahuan).

Sebagai informasi, selama ini kita mengetahui bahwa tiga besar kampus terbaik di Indonesia berturut-turut adalah UI, UGM dan ITB hal ini berdasarkan pemeringkatan rutin baik yang dilakukan Kemendikbud dan lembaga-lembaga terpercaya seperti Webometrics, Scimago dan QS University Ranking.

Baca Juga: 20 Kampus Terbaik di Indonesia Versi UniRank, UGM Pertama

Namun, hasil survey yang dilakukan The Aur ini bisa dibilang mengejutkan, sebab Universitas Gadjah Mada yang selalu masuk jajaran nomor satu kampus terbaik di Indonesia dikabarkan terlempar dari top 3 peringkat kampus terbaik di Indonesia saat ini.

Sementara, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara mengejutkan justru masuk ke dalam tiga besar pemeringkatan. Bahkan, kampus ternama IPB University hanya duduk yang secara regular selalu masuk dalam empat besar pemeringkatan harus puas di posisi ketujuh.

Berikut 14 kampus Indonesia dengan pemeringkatan tertinggi versi AUR.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat dunia: 201 - 250

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat dunia: 301 - 350

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X