Tol Padang-Pekanbaru dan Lubuk Linggau-Bengkulu Bakal Diresmikan Tahun Ini

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:09 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai (Dok. Hutamakarya)
Tol Pekanbaru-Dumai (Dok. Hutamakarya)

HARIAN HALUAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) targetkan tahun 2022 meresmikan jalan tol Padang- Pekanbaru seksi Pekanbaru-Bangkinang (31,0 km) dan tol Lubuk Linggau-Curup- Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung (16,7 km).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menyatakan secara keseluruhan ada 16 ruas jalan tol yang bakal diresmikan total 332 kilometer (km).

"Yang paling dekat adalah ruas Tol Cibitung - Cilincing (24,65 km) seksi 2 dan 3, dengan BUJT PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways,"

Baca Juga: Akses Menuju Exit Tol Dharmasraya-Rengat, Dispar Sumbar: Solsel Potensi Hadapi Serbuan Wisatawan 

"Kedua, yang dalam proses uji laik fungsi adalah Tol Padang-Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang (31,0 km) dengan BUJT PT Hutama Karya, dan terakhir yang juga sudah uji laik fungsi ruas Lubuk Linggau-Curup- Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung (16,7 km) dengan BUJT PT Hutama Karya," kata Danang pada keterangan tertulisnya, Selasa 7 Juni 2022.

Pihaknya menargetkan, hingga tahun 2022 bakal ada 16 ruas jalan tol baru di Indonesia dalam rangka peningkatan konektivitas dengan total 332 km. Beberapa sudah siap untuk diresmikan, dan juga sudah ada yang diresmikan.

"Ketiga ruas tersebut yang paling dekat untuk bisa kita tuntaskan dan sudah uji laik fungsi, harapannya bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi," terangnya.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Targetkan Pembebasan Lahan untuk Jalan Tol Rampung Pada Bulan Juli 2022

Sedangkan sebanyak 13 ruas lainnya ditargetkan penyelesaian tuntas hingga akhir Desember 2022. Berdasarkan data BPJT 13 ruas lainnya yakni ruas Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Limo (3,6 km) dengan BUJT PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), ruas Cinere-Jagorawi Seksi 3 Limo-Kukusan (5,5 km) dengan BUJT PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ).

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

X