Prabowo Tiba-tiba Sebut RI Bisa Terancam Bubar Jika...

- Rabu, 8 Juni 2022 | 11:11 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto menegaskan bahwa terdapat lima elemen untuk mewujudkan kekuatan nasional Indonesia.  (Dok. Kementerian Pertahanan )
Menhan RI Prabowo Subianto menegaskan bahwa terdapat lima elemen untuk mewujudkan kekuatan nasional Indonesia. (Dok. Kementerian Pertahanan )

HARIANHALUAN - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba-tiba berbicara mengenai potensi Indonesia bubar. Menurutnya, jika Pancasila ditinggalkan, Indonesia terancam bubar.

Saat memberikan pengarahan dalam acara wisuda Universitas Pancasila, Prabowo menyebut Indonesia memiliki dua aset penting. Pertama, adalah Bahasa Indonesia dan kedua adalah Pancasila.

Baca Juga: Bukan jadi Presiden? Ini Cita-cita Prabowo Subianto Setelah Pensiun dari Menhan

"The brilliance of our leaders. Ini sesuatu yang cemerlang yang banyak negara tidak punya," kata Prabowo, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu, 8 Juni 2022.

Prabowo menilai, kedua aset tersebut adalah buah dari kepintaran para pendiri bangsa di masa lampau. Prabowo lantas memberikan penghormatan secara khusus kepada Presiden Soekarno alias Bung Karno.

Baca Juga: Survei SPIN: Prabowo Subianto Unggul sebagai Capres untuk Generasi Muda, Anies-Ganjar Dimana?

"Bahwa pendiri bangsa kita memilih bahasa suku yang kecil sebagai bahasa kebangsaan, bahasa Melayu berasal dari Riau. Jumlah penduduknya sedikit dibandingkan bahasa Jawa. Bung Karno orang Jawa. Tokoh BPUPKI itu banyak orang Jawa, tapi tidak memilih bahasa Jawa sebagai bahasa kebangsaan," katanya.

Menurut Prabowo, sampai saat ini masih banyak negara yang meributkan bahasa. Prabowo kemudian mencontohkan negara-negara di kawasan Eropa yang berpotensi terpecah belah karena masalah bahasa.

"Sebentar lagi di Eropa kemungkinan besar Belgia akan pecah menjadi satu berbahasa Prancis yang satu berbahasa Wallon. Negara sudah berdiri lama akan pecah masalahnya bahasa," jelasnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X