3 Kategori Pengunjung Ini Bisa Naik ke Borobudur Secara Gratis

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:34 WIB
Kenaikan Tiket Candi Borobudur Ditunda Luhut. (Foto instagram @borobudurpark)
Kenaikan Tiket Candi Borobudur Ditunda Luhut. (Foto instagram @borobudurpark)

HARIANHALUAN - PT TWC mengusulkan tiga kategori pengunjung yang bisa mendapatkan akses naik bangunan Candi Borobudur secara gratis. Di antaranya adalah pemimpin upacara keagamaan.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono menyebut kategori yang diusulkan gratis yang pertama adalah kegiatan kenegaraan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan Kenaikan Biaya Masuk Candi Borobudur Ditunda

"Kegiatan kenegaraan masih diizinkan karena kita sama-sama tahu bahwa Candi Borobudur jadi kebanggaan bangsa," kata Edy dalam diskusi daring bertema Membicarakan (Lagi) Borobudur: antara Konservasi dan Pariwisata dipantau di Yogyakarta, dikutip dari INews.id, Sabtu, 11 Juni 2022.

Berikutnya, akses kedua adalah bagi pemimpin upacara keagamaan yang selaras dengan kesepakatan bersama antarmenteri terkait dengan kegiatan keagamaan di Candi Borobudur.

Baca Juga: Kritik Pengamat, Asosiasi Desa Kreatif Sepakat Tiket Menuju Candi Borobudur Naik!

"Memberikan ruang (naik Candi Borobudur) kepada pemimpin upacara keagamaan, bukan pesertanya karena spirit konservasi tadi," kata dia.

Kategori ketiga, lanjut Edy, adalah siapa saja warga negara Indonesia (WNI) yang memperoleh izin atau rekomendasi dari otoritas yang akan ditentukan pemerintah.

Mengenai kriteria seperti apa saja pengunjung yang mendapatkan rekomendasi, menurut dia, nantinya akan ditentukan oleh otoritas tersebut.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: INews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X