TNI AL - KKP Sinergi Wujudkan Pembangunan Wilayah Pesisir

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:01 WIB
Bencana di pantai Amurang, Minahasa Selatan. Selain rumah, jalan dan jembatan di pesisir pantai Amurang juga rusak. Termasuk bangunan kafe dan penginapan juga ablas. (Dok. BNPB)
Bencana di pantai Amurang, Minahasa Selatan. Selain rumah, jalan dan jembatan di pesisir pantai Amurang juga rusak. Termasuk bangunan kafe dan penginapan juga ablas. (Dok. BNPB)

HARIANHALUAN - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan sinergi yang apik bersama KKP selama ini tidak hanya terkait pemasangan dan pengaturan kabel dan pipa bawah laut, tapi juga mengenai penyajian data kelautan hingga pembangunan wilayah pesisir.

Sinergi baik inilah menurutnya yang menjadi dasar pemberian brevet kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL kepada Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

Baca Juga: Dalam Temu Pakar Bersama KKP Terungkap Asal Mula Nama Ikan Hiu Berjalan

"KKP itu sebagai leading sektor kelautan. Pertimbangan ya dukungan yang diberikan KKP selama ini untuk kemajuan hidro-oseanografi. Tanpa kerja sama KKP, rasanya kurang," ungkap Yudo Margono usai acara penyerahan brevet dikutip dari laman resmi kkp.go.id, Rabu, 22 Juni 2022.

Penyematan brevet kehormatan didampingi oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidros) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, selaku Chief Hidrografer Indonesia. Penyematan brevet kehormatan ini sekaligus menetapkan Menteri Trenggono sebagai warga kehormatan komunitas hidrografi.

Baca Juga: Begini Jurus KKP Cegah Kepunahan Ikan Hiu Berjalan

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menerima brevet kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL. Penyematan brevet dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Anjungan KRI Rigel-933 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis, 16 Juni 2022.

"Suatu kebanggan bagi saya menerima brevet kehormatan ini. Peta tentang kelautan dan oseanografi adalah hal yang esensial. Pushidrosal adalah mitra kerja KKP. Maka dari itu, kita akan dukung penuh apa yang dilakukan Pushidrosal," ujar Menteri Trenggono.

Penyematan brevet kepada Menteri Trenggono sebagai bentuk penghargaan atas dukungan dan peran Kementerian Kelautan dan Perikanan yang turut memajukan dan mengembangkan Pushidrosal, serta berkontribusi besar dalam mewujudkan kerjasama di bidang hidro-oseanografi secara nasional dan internasional.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X