Program Gemarikan KKP Jangkau Desa Terpencil

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:26 WIB
Dok kkp.go.id
Dok kkp.go.id

HARIANHALUAN - Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi mengapresiasi Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menurutnya, program ini bisa menarik minat masyarakat mengonsumsi ikan dan menjangkau masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil, bahkan yang jauh dari pusat kota.

Baca Juga: Digagas KKP, Rehabilitasi Terumbu Karang di 2 Kabupaten Gunakan 72 Rangka Sprider

"Semoga KKP makin banyak anggarannya dan (Gemarikan) menyebar ke seluruh daerah," ujar Dedi saat mengikuti Safari Gemarikan di Cikarang, Bekasi, dikutip dari laman resmi kkp.go.id, Kamis, 23 Juni 2022.

Kedepan, dia berharap juga safari Gemarikan semakin menjangkau daerah lain yang minim mengonsumsi ikan.

Saat mengikuti Safari Gemarikan beberapa waktu lalu, Dedi menilai konsumsi ikan warga (Cikarang) masih rendah. Dia pun mengingatkan tradisi makan ikan gabus pucung yang sudah ada di daerah tersebut selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Cegah Stunting, Menteri Trenggono Dorong Masyarakat Indonesia Makan Ikan

"Warga (Cikarang) konsumsi ikannya masih rendah, (padahal) orang Bekasi punya tradisi makan ikan gabus pucung," sambungnya.

Sementara Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti memastikan jajarannya terus mengajak masyarakat suka dan bangga mengonsumsi ikan-ikan air tawar. Selain mudah ditemui dan harganya terjangkau, ikan seperti lele, nila, patin, mas, gurame, dan bandeng, memiliki manfaat luar biasa jika diolah secara tepat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X