Jaga Ekologi Laut, KKP Tebar 8 Ton Benih Ikan Nemo di Wakatobi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:34 WIB
varian ikan nemo ditebar di Pulau Wangi Wangi Kabupaten Wakatobi sebagai Kegiatan dalam rangka menjaga ekologi
varian ikan nemo ditebar di Pulau Wangi Wangi Kabupaten Wakatobi sebagai Kegiatan dalam rangka menjaga ekologi

HARIANHALUAN - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) berhasil membudidayakan 30 varian ikan nemo. Beberapa varian ikan nemo tersebut ditebar di Pulau Wangi Wangi Kabupaten Wakatobi, Kamis, 9 Juni 2022.

Kegiatan tersebut dalam rangka menjaga ekologi laut di salah satu kawasan segitiga terumbu karang dunia, seperti Wakatobi.

Baca Juga: Program Gemarikan KKP Jangkau Desa Terpencil

Sebagai salah satu lokasi dari kawasan segitiga terumbu karang dunia, KKP melalui DJPB berkomitmen untuk tetap menjaga ekosistem laut khusunya ikan hias melalui tebar benih ikan nemo, agar populasinya terjaga dan tetap lestari di perairan Wakatobi.

Dalam kesempatan tersebut KKP melalui DJPB melakukan tebar benih ikan nemo di Pantai Sombu yang merupakan spot diving di Pulau Wangi-wangi. Menurut Tebe, panggilan akrab Tb Haeru Rahayu Direktur Jenderal Perikanan Budidaya dalam keterangannya di Jakarta, 8 ribu ekor ikan nemo yang di tebar merupakan hasil budidaya yang berhasil dikembangkan UPT di bawah DJPB.

Baca Juga: Digagas KKP, Rehabilitasi Terumbu Karang di 2 Kabupaten Gunakan 72 Rangka Sprider

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu mengatakan penebaran ikan nemo ditujukan untuk pelestarian kawasan Wakatobi dan menjaga ekosistem ikan nemo tetap lestari, karena Wakatobi merupakan salah satu kawasan segitiga terumbu karang dunia.

“Kami menebar 8 ribu ekor benih ikan nemo hasil budidaya dari dua UPT DJPB yaitu Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon (BPBL Ambon) dan Balai Perikanan Budidaya Laut Batam (BPBL Batam),” tukas Tb Haeru Rahayu.

Bukan tanpa alasan KKP memilih Wakatobi, khususnya Pantai Sombu sebagai lokasi tebar benih ikan nemo, karena menurut Tebe Wakatobi masih memiliki kekayaan laut yang indah. Selain itu, sebagai salah satu kawasan segitiga terumbu karang dunia keasrian alam dan populasi ikannya harus tetap dijaga dengan baik.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X