Libatkan KKP, Kebocoran Sampah ke Laut Turun 25 Persen

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:02 WIB
KKP RI Tegaskan Komitmen Dalam Mendorong Pengembangan Mitigasi Sampah Laut (kominfo.jatimprov.go.id)
KKP RI Tegaskan Komitmen Dalam Mendorong Pengembangan Mitigasi Sampah Laut (kominfo.jatimprov.go.id)

HARIANHALUAN - Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Muhammad Yusuf menjelaskan data Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) menunjukkan kebocoran sampah plastik ke lautan mengalami penurunan sebesar 15,3% dari periode tahun 2018 sampai dengan 2020 dan diperkirakan mencapai 25% hingga akhir tahun 2021.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tergabung dalam Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi sebagai koordinator.

Baca Juga: KKP Gelar Kolaborasi Bersih Pantai dengan Tradisi Petik Laut

KKP telah berkontribusi terhadap pengurangan kebocoran sampah laut melalui beberapa program berkelanjutan yang telah dilaksanakan seperti edukasi, kampanye dan aksi melalui Gerakan Cinta Laut yang telah diinisiasi sejak tahun 2017, dan puncaknya digaungkan secara masif melalui kampanye Bulan Cinta Laut pada acara Kick Off Bulan Cinta Laut di Pantai Parangkusumo Yogyakarta pada akhir Januari 2022 lalu.

“Saat ini KKP juga sedang menyusun Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang Rencana Aksi Bulan Cinta Laut sebagai upaya mendorong pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut dan sebagai langkah percepatan yang komprehensif dan terpadu dalam mencegah pencemaran lingkungan laut dan kerusakan ekosistem perairan serta menjaga kesehatan laut,” ujar Yusuf dikutip dari laman resmi kkp.go.id, Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga: KKP Tangkap 4 Kapal Pelaku Illegal Fishing di Selat Malaka dan Perairan Ternate

Menurut Yusuf, penanggulangan sampah di laut tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah sehingga perlu bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, dunia usaha dan keterlibatan lembaga pendanaan dalam pelestarian lingkungan pesisir dan laut serta masyarakat agar menjadi kebiasaan dan budaya.

Yusuf juga menambahkan pantai yang bersih dan laut yang sehat, menjadi bukti kepada dunia Indonesia bijak dalam mengelola lautnya. Terlebih dengan ditunjuknya Indonesia sebagai Presidensi G20 dengan tema "Recover Together, Recover Stronger", hal tersebut dapat menjadi wahana memberikan contoh dan pembelajaran baik.

KKP mendukung Presidensi G20 melalui kebijakan ekonomi biru yang memfokuskan pada kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan dan pemanfaatan ruang laut dengan mempertimbangkan ketahanan ekologi dan ketahanan ekonomi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X