KKP Tingkatkan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan

- Jumat, 24 Juni 2022 | 11:55 WIB
Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai saat melakukan kunjungan kerja ke BPPP Ambon bersama Anggota Komite II DPR-RI.
Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai saat melakukan kunjungan kerja ke BPPP Ambon bersama Anggota Komite II DPR-RI.

HARIANHALUAN - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapatkan apresiasi dari Dewan Perwakilan Daerah atas upaya pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan.

KKP melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dipandang telah berkontribusi dalam pengembangan SDM yang berkualitas untuk mendukung program-program priorias.

Baca Juga: Dorong Pemberdayaan Perempuan, KKP-APEC Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Perikanan

"Kita mendengar dan melihat secara langsung pola pelatihan yang sudah dikembangkan di BPPP Ambon, pelatihan-pelatihan ini penting untuk mendukung Maluku sebagai lumbung ikan nasional,” ujar Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai saat melakukan kunjungan kerja ke BPPP Ambon bersama Anggota Komite II DPR-RI dikutip dari laman resmi kkp.go.id, Jumat, 24 Juni 2022.

Lebih lanjut Yoris berharap dukungan peningkatan kapasitas SDM yang dilakukan dapat membantu pengembangan daerah dan terwujudnya kebijakan strategi nasional dalam mengembangkan wilayah timur sebagai poros maritim.

Baca Juga: KKP Lepas Ekspor Perdana 80 Ekor Koi Asal Blitar ke Malaysia

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM), I Nyoman Radiarta menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas SDM merupakan aspek krusial yang perlu didukung dalam menyukseskan program terobosan KKP tahun 2021-2024, sebagaimana arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Program terobosan tersebut yaitu penerapan kegiatan penangkapan ikan terukur untuk keberlanjutan ekologi, peningkatan kesejahteraan nelayan, dan meningkatkan PNBP sebagai kontribusi peningkatan ekonomi kepada negara, pengembangan budidaya berbasis ekspor, serta pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal di perairan tawar, payau, dan laut.

"Untuk mengawal program prioritas kami membangun Smart Fisheries Village, mendorong start-up bisnis kelautan dan perikanan, serta talenta manajemen SDM berbasis sistem Corporate University”, ujar Nyoman.

Selain itu, BRSDM-KP juga terus berupaya meningkatkan kualitas produk perikanan tangkap melalui pelatihan ABK kapal perikanan berstandar kompetensi kerja, memfasilitasi pemagangan peserta didik dan politeknik berbasis bidang keahlian, scaling-up produk kelautan dan perikanan, meningkatkan nilai kesejahteraan pelaku utama kelautan perikanan serta menjadi command centre bagi pengembangan SDM kelautan dan perikanan nasional.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X