Kemenkes: Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri Setelah 2-4 Minggu

- Senin, 27 Juni 2022 | 12:23 WIB
Ilustrasi virus cacar monyet (Website WHO)
Ilustrasi virus cacar monyet (Website WHO)

HARIANHALUAN - Jaringan Kesehatan Dunia (WHN) pada Kamis, 23 Juni 2022 mengumumkan wabah cacar monyet sebagai pandemi. Namun ketetapan WHN tersebut dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan hasil rapat WHO beberapa hari yang lalu, pakar sepakat masih mempertimbangkan kemungkinan apakah wabah itu perlu dinyatakan sebagai Public Health Emergency International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global seperti COVID-19.

Baca Juga: Waspada Virus Cacar Monyet, Berikut Imbauan dari Kemenkes

Cacar monyet atau monkeypox merupakan wabah yang dapat menular dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia.

Meski belum ditetapkan sebagai pandemi dan belum ada laporan kasus di Indonesia, kamu perlu ketahui apa saja karakteristik dari cacar monyet.

"Kalau dari hewan ke manusia penularannya melalui kontak langsung antara hewan dan manusia," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH dikutip dari Indozone.id, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air

Penularan dari hewan ke manusia melalui cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar seperti di sekitar muka atau tubuh hewan. Selain itu juga penularan ke manusia bisa melalui daging hewan tersebut yang tidak dimasak secara matang.

Sementara penularan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang ada di muka, mulut, tangan maupun di badan. Kalau kontak langsung juga ada melalui saluran napas atau terjadi droplet.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X