Studi: Vaksin Covid-19 Lebih Efektif untuk Orang Gemuk

- Minggu, 3 Juli 2022 | 13:22 WIB
Ilustrasi vaksin (Dok. MUI.or.id)
Ilustrasi vaksin (Dok. MUI.or.id)

HARIANHALUAN - Vaksin COVID-19 menurut sebuah studi dinilai lebih efektif untuk mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi dan berat badan yang sehat, tapi sedikit menurun untuk mereka yang kurus, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The Lancet Diabetes & Endocrinology.

Para penelitian dari Universitas Oxford membandingkan risiko penyakit parah pada orang yang divaksinasi dengan yang tidak divaksinasi setidaknya 14 hari setelah dosis kedua.

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Bakal Wajibkan Vaksin Booster untuk Masuk Tempat Publik

Sementara secara keseluruhan temuan menunjukkan vaksin COVID-19 sangat mengurangi jumlah kasus penyakit parah untuk semua orang terlepas dari ukuran tubuh mereka, hanya saja efek vaksin sedikit lebih rendah pada orang kurus.

Orang kurus yang sudah divaksin memiliki sekitar setengah kemungkinan dirawat di rumah sakit atau meninggal dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi dengan BMI yang sama.

Baca Juga: Vaksin Rabies Gratis, Warga Paus Padang Panjang Antusias Bawa Hewan Peliharaan

Dilansir dari India TV dari Indozone.id, Minggu, 3 Juli 2022, menurut peneliti, hal tersebut terjadi mungkin karena orang kurus juga paling kecil kemungkinannya untuk divaksinasi. Hal ini juga mencerminkan respon imun yang berkurang sebagai konsekuensi dari kelemahan atau kondisi lain yang terkait dengan berat badan rendah.

Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi hubungan antara BMI dan respon imun, kata para peneliti.

Sebaliknya, orang-orang dalam kelompok BMI sehat dan tinggi yang divaksinasi sekitar 70 persen lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit daripada orang yang tidak divaksinasi. Orang dengan BMI yang sehat atau lebih tinggi juga sekitar dua pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal daripada mereka yang tidak divaksinasi.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X