Potret Kemeriahan Festival 'Berkelas' Kirab Pusaka Ki Jaga Rasa di Lembur Pakuan

- Senin, 25 Juli 2022 | 11:41 WIB
Potret kemeriahan festival 'Berkelas' Kirab Pusaka Ki Jaga Rasa di Lembur Pakuan
Potret kemeriahan festival 'Berkelas' Kirab Pusaka Ki Jaga Rasa di Lembur Pakuan

HARIANHALUAN - Ribuan warga dibuat terpukau dengan gelaran festival budaya 'Kirab Pusaka Ki Jaga Rasa Mulang' yang digelar di Lembur Pakuan Subang, Sabtu, 23 Juli 2022 malam.

Meski baru pertama kalinya digelar namun festival ini dinilai sangat berkelas dan berhasil memukau para penonton yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Datang ke Lembur Pakuan Besok, Ada Kirab Pusaka Ki Jaga Rasa Hingga Kesenian Nusantara

Festival ini dimulai dengan iring-iringan atau kirab tiga kereta kencana yang dipimpin oleh kereta Ki Jaga Rasa mulai dari halaman Kantor Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang.

Setiap kereta kencana ditarik oleh empat ekor kuda berukuran besar dan gagah yang dikendalikan oleh seorang kusir yang mengenakan pakaian ala kerajaan.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Geram Gegara Ambulans Tak Mau Bawa Korban Kecelakaan di Tol Cipali

Sementara itu Kang Dedi Mulyadi yang merupakan inisiator festival tampil dengan pakaian dan iket serba putih. Ia naik seekor kuda besar berwarna putih tepat di belakang Ki Jaga Rasa.

Disusul kemudian dua kereta kencana lain dan iring-iringan belasan kuda yang ditunggangi oleh pria berpakaian ala kerajaan. Di antara iring-iringan tersebut turut ikut dua anak laki-laki Dedi Mulyadi, Maula Akbar Mulyadi Putra dan Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip Mulyadi Putra.

Usai iring-iringan kereta kencana dan penunggang kuda, peserta festival yang merupakan ragam kebudayaan Nusantara turut mengikuti hingga seluruhnya finish di Bale Pamanah Rasa yang berada di Lembur Pakuan yang berjarak sekitar satu kilometer.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertamax Cs Turun Tapi Solar Nonsubsidi Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:05 WIB
X