Geram Temukan Banyak Tambang Batu di Garut Selatan, Begini Cara Unik Dedi Mulyadi Bikin Penambang Tobat

- Senin, 1 Agustus 2022 | 11:05 WIB
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi bersama penambang
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi bersama penambang

HARIANHALUAN - Akhir pekan kemarin Anggota DPR RI Dedi Mulyadi berkesempatan berkunjung ke daerah Garut selatan dalam rangka menghadiri sebuah kegiatan. Untuk menuju ke lokasi acara ia memilih jalur Pangalengan-Garut.

Di sepanjang jalan Kang Dedi Mulyadi melihat banyak kawasan yang berpotensi longsor akibat banyak pohon yang ditebang dan penambangan pasir juga batu.

Baca Juga: Pemuda Tukang Ulekan Ini Tolak Pikulan Dibeli Seharga Jutaan, Alasannya Bikin Dedi Mulyadi Terenyuh

“Semestinya daerah ini tidak boleh lagi ada pohon yang ditebang. Andai kata ini kayu milih warga maka pemerintah bisa mengganti kayu itu dengan uang, karena (recovery) bencana lebih mahal daripada mengganti pohon itu,” ujar Dedi.

Dedi mengerti betul kebutuhan ekonomi warga yang melakukan penebangan. Kebanyakan pohon ditebang adalah yang sebelumnya ditanam oleh warga. Sehingga warga merasa berhak menambang pohon tersebut tanpa berpikir panjang dampaknya.

Sehingga ia meminta pihak terkait mulai dari pemerintah daerah hingga kementerian untuk melakukan pencegahan bencana akibat hal tersebut. Salah satunya dengan membeli pohon warga agar tidak ditebang.

Baca Juga: Awalnya Minta Foto Bareng Tiga Pelajar SD Ini Malah Ditahan Dedi Mulyadi, Ada Apa?

“Warga butuh duit karena merasa mereka yang menanam pohon, ganti duitnya yang tidak seberapa dengan dampak bencana. Kalau longsor bisa habis ratusan juta, miliaran lagi,” ucapnya.

Di titik lain Dedi melihat dua unit alat berat yang diduga digunakan untuk menambang batu. Namun di lokasi sedang tidak orang dan penambangan terhenti.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X