Kasus Kematian Brigadir J Memasuki Babak Baru, Bharada E Ditetapkan Jadi Tersangka

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:47 WIB
Kasus Kematian Brigadir J Memasuki Babak Baru, Bharada E Ditetapkan Jadi Tersangka
Kasus Kematian Brigadir J Memasuki Babak Baru, Bharada E Ditetapkan Jadi Tersangka

 

HARIAN HALUAN - Pengungkapan kasus 'polisi tembak polisi' berujung kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J memasuki babak baru, setelah Polri menetapkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sebagai tersangka pembunuhan.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi menjabarkan, Bharada E dijerat Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

"Menetapkan Bharada E sebagai tersangka dengan sangkaan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/8) malam.

Dalam Pasal 338 KUHP disebutkan, barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama 15 tahun.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Perdana Muncul di Publik, Ini Pernyataan Lengkapnya Saat Diperiksa

Sementara jo atau penyertaan Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dimaknai terdiri dari 'pembuat' yaitu orang yang memberikan perintah, 'penyuruh' yaitu orang yang bersama-sama melakukan, 'pembuat peserta' yaitu orang yang memberi perintah dengan sengaja, 'pembuat penganjur' dan 'pembantu'.

Penetapan tersangka kepada Bharada E dilakukan usai penyidik melakukan gelar perkara dan memeriksa sejumlah saksi dan ahli sehingga telah mendapatkan dua minimal alat bukti yang cukup sebagaimana Pasal 17 KUHAP.

"Dari hasil penyidikan tersebut pada malam ini penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup," ucap Andi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Merdeka.com

Tags

Terkini

X