HIPMI, Kemenparekraf bersama Yayasan Indonesia Setara dan Smeshub Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:50 WIB
HIPMI, Kemenparekraf bersama Yayasan Indonesia Setara dan Smeshub Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan
HIPMI, Kemenparekraf bersama Yayasan Indonesia Setara dan Smeshub Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan

 

HARIAN HALUAN - Datangnya pandemi Covid-19 melanda seluruh aktivitas di Indonesia, bahkan sektor bisnis menjadi salah satu malapetaka bagi UMKM. Pasalnya, pengetahuan para pelaku UMKM belum semuanya bisa migrasi cepat kepada sistem online atau digitalisasi system.

Padahal UMKM berkontribusi terhadap PDB Indonesia dengan total Rp8.573,89 triliun atau sekitar 61,07%.

Berangkat dari hal ini, HIPMI, kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Yayasan Indonesia Setara dan Smeshub sukses menggelar pelatihan kewirausahaan dan optimasi penjualan melalui digital marketing kepada Mahasiswa se-Propinsi Bengkulu, di Universitas Prof. Dr. Hazairin, Bengkulu. Tujuannya untuk memotivasi mahasiswa dan UMKM agar bisnisnya naik kelas serta dapat melahirkan wirausaha muda baru.

Baca Juga: Sejak Awal Tahun 2022, Tercatat 95 Kasus DBD di Kota Pariaman

Sandiaga Uno mengatakan pelatihan ini mampu menciptakan ekonomi yang lebih kuat dengan terbukanya lapangan kerja baru. Hal ini mendorong mahasiswa dan UMKM untuk melek digital secara efektif dalam meningkatkan komunikasi modern.

"Kami memberikan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kepada mahasiswa dan UMKM dalam mengakses usaha-usaha di bidang kuliner maupun ekonomi kreatif," kata Sandiaga dalam sambutannya Rabu (3/8/2022) di UNIHAZ.

Ditempat yang sama, Undang Sumbaga Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu menyampaikan bahwa kegiatan ini salah-satu program kerja HIPMI untuk terus melakukan pelatihan-pelatihan kewirausahaan kepada Mahasiswa dan UMKM di Bengkulu. Selain untuk menciptakan wirausaha muda baru dikhalangan mahasiswa, HIPMI ingin bisnis teman-teman UMKM dapat naik kelas hingga mampu bersaing dengan pemain-pemain yang sudah besar terlebih dahulu.

"Digitalisasi tidak bisa kita hindari, oleh sebab itu Kita musti terus melakukan adaptasi terhadap bisnis model yang paling relevan, efektif & efisien, Kita melihat pengalaman pribadi Pak Menteri Sandiag Uno telah sukses melakukan transpormasi bisnis diperusahaannya, ini yang musti Kita tiru dan modifikasi," undang Sumbaga menyampaikan dalam press conference Rabu (3/8/2022) di UNIHAZ.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Tags

Terkini

X