KKP Sosialisasikan Bulan Cinta Laut Melalui Turnamen Foto dan Video Bawah Laut di Kawasan Mandeh

- Senin, 8 Agustus 2022 | 16:09 WIB
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto


JAKARTA, HARIAN HALUAN - Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 17-19 Agustus 2022.

Turnamen tersebut untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus dalam rangka persiapan peluncuran atau road to Kick Off Bulan Cinta Laut (BCL) secara nasional yang pelaksanaannya dijadwalkan pada Oktober 2022.

"BCL menjadi salah satu implementasi Program Ekonomi Biru dalam pengelolaan sampah laut yang digagas Menteri Trenggono. Kegiatan di Mandeh nanti menjadi bagian dari mensosialisasikan BCL agar semua pemangku kepentingan di sektor maritim ikut serta dalam program itu ketika di kick off pada Oktober mendatang," ungkap Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto di Jakarta, Minggu (6/8/2022).

Dijelaskannya, pemilihan kawasan Mandeh sebagai tempat turnamen karena memiliki potensi besar untuk menjalankan ekonomi biru mengingat selain alamnya yang indah, di sana ada kapal MV Boelongan Nederland yang karam pada masa perang dunia II.

Baca Juga: Dilantik Jadi Ketua Harian Nasional Partai Perindo, TGB Ungkap Alasannya Bergabung dan Berkiprah di Partai Ini

"Prinsip ekonomi biru adalah menjaga ekologi disamping memafaatkan laut untuk kegiatan ekonomi. Kita akan edukasi masyarakat jika kawasan Mandeh di manfaatkan secara ekonomi, alamnya harus dijaga. Ini semua sesuai dengan misi dari BCL," katanya.

Ditegaskannya, menjaga kesehatan laut, merupakan komitmen utama KKP di bawah kepemimpinan Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya turnamen ini," katanya.

Doni menambahkan, pelaksanaan turnamen nantinya diawali dengan upacara bendera memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI yang akan berlangsung di bawah air pada 17 Agustus 2022 oleh peserta turnamen dan pegawai KKP.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: KKP

Tags

Terkini

Siap-siap! Harga Pupuk Berkemungkinan Bakal Naik

Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
X