Ribuan Warga Lepas Ki Jaga Raksa ke Istana Negara untuk Kirab Bendera Pusaka Saat Kemerdekaan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:13 WIB
Kereta kencana Ki Jaga Raksa kembali dipercaya membawa bendera pusaka saat upacara kemerdekaan ke-77 di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 mendatang.
Kereta kencana Ki Jaga Raksa kembali dipercaya membawa bendera pusaka saat upacara kemerdekaan ke-77 di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 mendatang.

HARIANHALUAN - Kereta kencana Ki Jaga Raksa kembali dipercaya membawa bendera pusaka saat upacara kemerdekaan ke-77 di Istana Negara pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Kemarin malam, ribuan warga mengiringi pelepasan kereta kencana Ki Jaga Raksa di Lembur Pakuan Subang menuju Istana Negara di Jakarta.

Baca Juga: Semarak Kemerdekaan, 4.000 Peserta Jalan Santai Dilepas Gubernur Sumbar

Kereta kencana tersebut menjalani prosesi pelepasan dalam rangkaian acara Lembur Pakuan Agustusan 'Ki Jaga Raksa Miang Ka Istana Negara' atau dalam bahasa Indonesia berarti Ki Jaga Raksa Pergi ke Istana Negara.

Prosesi diawali dengan turunnya Ki Jaga Raksa dari Bale Pamanah Rasa yang merupakan tempatnya selama ini tersimpan. Kang Dedi Mulyadi yang juga Anggota DPR RI memimpin prosesi tersebut.

Baca Juga: Masyarakat Diundang Hadiri Upacara Kemerdekaan RI Daring, Kuota 77.000 Peserta

Di pelataran Bale Pamanah Rasa, sejumlah penari menyambut kereta kencana. Tampak pula kaum ibu yang silih berganti memukulkan halu ke lisung yang biasa digunakan petani untuk menumbuk padi.

Setelah melewati berbagai prosesi tersebut Kang Dedi Mulyadi menyerahkan kereta kencana ke Kogartap I/Jakarta selaku pihak yang akan mengawal kereta kencana selama HUT Kemerdekaan ke-77 di Istana Negara.

Seperti diketahui sejak tahun 2014 lalu kereta kencana Ki Jaga Raksa dipercaya menjadi kendaraan yang akan membawa bendera pusaka.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap! Harga Pupuk Berkemungkinan Bakal Naik

Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
X