Syarat Perjalanan Berubah Lagi, Bagi yang Belum Vaksin Booster Wajib PCR

- Senin, 15 Agustus 2022 | 17:23 WIB
Resmi Dalam Surat Edaran: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Transfortasi Udara (pixabay)
Resmi Dalam Surat Edaran: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Transfortasi Udara (pixabay)

HARIAN HALUAN - Kementerian Perhubungan resmi menerapkan aturan perjalanan dalam negeri terbaru. Dimana wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR jika belum melakukan vaksinasi booster (vaksin ketiga).

Hal ini tertuang dalam empat Surat Edaran Kemenhub, yakni SE 77 untuk transportasi udara, SE 78 transportasi Laut, SE 79 untuk transportasi darat, dan SE 80 untuk transportasi kereta api. Seluruh SE ini sudah berlaku efektif sejak 11 Agustus 2022 kemarin.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Terbaru Setelah Boleh Buka Masker, Tak Lagi Wajib Tes Covid-19

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan perubahan ketentuan syarat perjalanan dalam negeri yakni, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) wajib melakukan tes PCR 3x24 jam yang sampelnya diambil dalam kurun waktu sebelum keberangkatan. Jika belum mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster).

"Jadi pelaku perjalanan yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama atau kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR," ucap Adita, dikutip dari CNBC Indonesia, Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Terbaru! Syarat Perjalanan ke Luar Negeri: Wajib Punya Asuransi Kesehatan Rp 360 Juta

Sedangkan ketentuan lain yang tertuang dalam SE mengatur untuk syarat perjalanan anak. Antara lain :

- PPDN dengan usia 6-17 tahun dan telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

- PPDN dengan usia 6-17 tahun dan telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertamax Cs Turun Tapi Solar Nonsubsidi Naik

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:05 WIB
X