Pria Ini Terinfeksi 3 Penyakit Menular Sekaligus, Begini Gejala Awalnya

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 14:29 WIB
Ilustrasi penyakit (Pixabay)
Ilustrasi penyakit (Pixabay)

HARIAN HALUAN - Hidup memang harus positif, begitulah kata banyak orang. Namun seorang pria asal Italia mengambil saran ini mungkin terlalu jauh, pasalnya ia didiagnosis positif tidak hanya satu tapi tiga penyakit menular sekaligus, yakni COVID-19, cacar monyet, dan HIV.

Pria berusia 36 tahun ini terjangkit setelah melakukan perjalanan ke Spanyol. Berdasarkan laporan, di sana ia melakukan seks tanpa pengaman.

Baca Juga: Perintah Presiden ke Menkes: Sediakan Vaksin Cacar Monyet, Perketat Pintu Masuk Indonesia

Pria yang namanya dirahasiakan itu baru kembali dari Spanyol pada 20 Juni 2022. Gejala seperti demam, tenggorokan kering, sakit kepala, hingga lymphadenomegaly (pembengkakan kelenjar getah bening) mulai dirasakannya pada 29 Juni 2022.

Pada 2 Juli 2022, ia melakukan tes swab COVID-19 dan hasilnya positif. Empat hari kemudian, tepatnya 6 Juli 2022, ia melakukan swab cacar monyet dan screening penyakit seksual menular (STI).

Baca Juga: Waspada! Varian HIV Sangat Mematikan Terdeteksi di Belanda

Siapa sangka hasil tes menunjukkan ia positif cacar monyet dan HIV. Artinya, pria malang tersebut mengidap tiga virus menular sekaligus.

“Kasus ini menyoroti bagaimana gejala cacar monyet dan COVID-19 dapat tumpang tindih, dan menguatkan bagaimana dalam kasus koinfeksi, pengumpulan anamnestik, dan kebiasaan seksual sangat penting untuk melakukan diagnosis yang benar,” tulis tim peneliti dari University of Catania pada laporan tersebut dilansir dari Kumparan.com, Jumat, 26 Agustus 2022.

Pasien dirawat karena cacar monyet hingga 11 Juli 2022 dan dilanjutkan menjalani karantina di rumah. Swab oropharyngeal pada 19 Juli 2022 mendeteksi ia masih positif cacar monyet.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bogor Go Green 7 Paduan Lingkungan, Ekonomi dan Sosial

Minggu, 27 November 2022 | 16:24 WIB

DPR RI dan Pemerintah Mulai Bahas Revisi RUU KSDAHE

Sabtu, 26 November 2022 | 19:47 WIB
X