Cek Fakta Seputar Foto APD Berserakan di TPU Pondok Rajeg

- Minggu, 20 Juni 2021 | 13:48 WIB

HARIANHALUAN.COM - Viral di media sosial foto-foto yang memuat pakaian alat pelindung diri (APD), handscoon, dan sampah plastik berserakan di area Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pakaian APD tersebut diketahui milik petugas pemakaman.

Foto-foto viral APD berserakan itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram @bogor24update pada Sabtu (19/6). Dalam unggahannya, terlihat beberapa APD yang menumpuk dan berserakan di area pemakaman. Foto tersebut didapatkan dari sebuah akun Instagram bernama @larasdilla yang merupakan pengunjung pemakaman.

Menteri Sosial Juliari P Batubara (tengah) memberikan arahan dalam pelatihan Tagana Madya di Tagana Centre, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/2/2020).

Menteri Sosial Juliari P Batubara (tengah) memberikan arahan dalam pelatihan Tagana Madya di Tagana Centre, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/2/2020).

Camat Cibinong Rusliandy membenarkan adanya foto viral di media sosial terkait sampah APD di area TPU Pondok Rajeg. Berdasarkan laporan Satpol PP setempat, APD tersebut milik petugas makam yang baru menguburkan jenazah.

"Iya benar (foto APD berserakan). Sudah diperiksa sama Satpol PP itu punya petugas makam," kata Rusliandy ketika dikonfirmasi, Ahad (20/6).

Rusliandy menjelaskan, APD yang berserakan itu bekas digunakan oleh petugas yang selesai menguburkan jenazah. Usai dipakai petugas pemakaman, APD tersebut memang akan dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Habis dipakai memang mau dimusnahkan, tapi mereka istirahat dulu. Jadi APD-nya ditaruh di sekitar situ," jelasnya.

Dia melanjutkan, sebelum sempat dimusnahkan, kemungkinan ada pengunjung pemakaman yang mengabadikan APD tersebut. Sehingga, pengunjung pemakaman menduga sampah APD sengaja dibuang di sembarang tempat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kelanjutan PPKM Level 4 Dibahas Hari Ini

Minggu, 25 Juli 2021 | 09:10 WIB
X