Pemerintah Diminta Batalkan Perpindahan Ibu Kota, KH Muhyiddin: Selesaikan Saja Pandemi!

- Kamis, 8 Juli 2021 | 08:50 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah seharusnya lebih memfokuskan energi untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhyiddin Junaidi mendesak agar pemerintah berpikir ulang memindahkan ibu kota karena tidak esensial di saat ini. 

"Jadi pemerintah, sudahlah. Segala mau pindah ibu kota. Selesaikan saja dengan baik pandemi ini," kata KH Muhyiddin, dilansir dari Republika, Rabu (7/7) malam. 

Seorang warga berada di puing-puing rumah akibat banjir bandang di Desa Waki, Kecamatan Batu Benawa,Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Dia menyebut, penanggulangan pandemi membutuhkan energi serta sumber modal yang besar. Untuk itu, dia menilai, perpindahan ibu kota saat ini seharusnya dibatalkan agar tidak menambah beban keuangan negara. Terlebih, biaya pembangunan ibu kota didapatkan berdasarkan utang. 

Di sisi lain, dia juga menyoroti sikap pemerintah yang terkesan kian jauh dari umat Islam. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah peristiwa yang melatarbelakanginya yang menyebabkan umat tidak merasakan kepercayaan kepada pemerintah. 

"Ketidakpercayaan inilah yang pada akhirnya membuat sebagian masyarakat menolak mengikuti kebijakan pemerintah, termasuk tidak percaya dengan pandemi dan vaksin," kata dia. 

KH Muhyiddin meminta pemerintah agar memperbaiki komunikasi yang baik dengan kalangan Islam dan menunda segala bentuk kebijakan yang kontraproduktif. Saat ini, penanggulangan pandemi menjadi hal yang paling mendesak dan dibutuhkan bangsa.  (*)

 

Editor: Administrator

Terkini

Cek! Ini Wilayah yang Bisa Perpanjang SIM Secara Online

Senin, 27 September 2021 | 18:26 WIB
X