India Balas Budi Kirim Bantuan Oksigen, Bukti Indonesia Tuai Buah Kebaikan

- Rabu, 21 Juli 2021 | 19:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Solidaritas India sebagai negara sahabat Indonesia, kini ditunjukkan. Sebanyak 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen cair dikirimkan pemerintah India ke Indonesia, Jumat (16/7/2021).

Langkah ini adalah bantuan balasan, lantaran Indonesia sempat mengirimkan 1400 unit tabung gas oksigen ke negara tersebut, pada Mei lalu, karena tsunami COVID-19 di negera mereka.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Segera Salurkan Bantuan Oksigen ke Sejumlah Rumah Sakit

Pemerintah Indonesia mengapreasi langkah India, sebagai bentuk solidaritas dari negara sahabat yang saling membantu pada saat pandemi melanda negara masing-masing.

Saat ini, giliran Indonesia tengah menghadapi tsunami baru kasus COVID-19. Lonjakan kasus harian bahkan sempat mencapai 44 ribu kasus positif, dalam sehari. Ini juga disebabkan COVID-19 varian delta yang tengah mengamuk di Indonesia.

Baca Juga: PKS Minta Pemerintah Tindak Tegas Penimbun Tabung Gas Oksigen

Kondisi tersebut menyebabkan banyak pasien yang dirawat di rumah sakit dan membutuhkan bantuan oksigen. Ini membuat Indonesia mengalami krisis oksigen, lantaran banyak rumah sakit stok oksigennya menipis.

Dalam keterangannya, Selasa (20/7), Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar, yang merasa berhutang budi pada Indonesia, harus bergerak membantu saat dibutuhkan. COVID-19 merupakan sebuah perang yang dihadapi banyak negara di dunia, dan masing-masing harus saling membantu.

“India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan COVID,” kata Jaishankar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

X