Karhutla Terjadi Lagi, Riau Mulai Dikepung Titik Panas

- Rabu, 21 Juli 2021 | 22:09 WIB
Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, saat neninjau Karhutla di Kabupaten Rohil beberapa waktu lalu. (Ist-Haluanriau.co)
Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, saat neninjau Karhutla di Kabupaten Rohil beberapa waktu lalu. (Ist-Haluanriau.co)

 

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Sebanyak 55 titik api yang terpantau beberapa hari terakhir, tersebar di 6 Kabupaten Kota. Terbanyak di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau dengan 47 titik api.

 

Baca Juga: Inkubator Bisnis Politeknik ATI Padang Inisiasi Entrepreneur Talks

Rinciannya, Kabupaten Bengkalis 2 titik, Kota Dumai 2 titik, Kabupaten Rohil 47 titik, Siak 1 titik, Inhil 2 titik dan Indragiri Hulu 2 titik. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edi Afrizal, mengatakan, titik api yang terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir, dari satu bentangan lahan di daerah Kubu. Saat ini Satuan Tugas (Satgas), baik dari TNI/Polri, Manggala Agni dari Rohil dan Dumai, serta BPBD, sudah terjun di lokasi Karhutla.

“Terbanyak di Rohil hari ini, itu satu bentangan lahan. Saat ini tim Satgas masih berjibaku memadamkan lahan yang terbakar, baik dari tim darat maupun dari tim udara, dengan menggunaka dua Hely diterjunkan untuk water bombing (WB),” ujar M Edy Afrizal, dilansir Haluanriau.co,  Rabu (21/7/2021).

Dijelaskan Edy, saat ini tim penegak hukum (Gakkum) dari pihak kepolisian, sedang menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di satu hamparan lahan di Kubu. Lahan tersebut berada di luar area konsensi dan perusahaan, untuk itu perlu penyelidikan apakah lahan tersebut memang sengaja dibakar atau dibakar, dalam suasana musim panas beberap hari ini.

 “Kita sudah kontak Gakkum dari Rohil untuk menyelidiki lahan yang terbakar tersebut. Yang bisa menilai tentu dari Gakkum, kita belum bisa memastikan dibakar atau terbakar. Lahan yang di Kubu ini kendala kita potensi lahan terbakar cukup banyak karena banyak semak dan ilalang, dan cepat terbakarnya. Mudah-mudahanbisa clear semu, satgas kita masih terus berjibaku memadamkan api,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

X