Jet Pribadi Laris, Orang Asing Ramai-ramai Cabut dari Indonesia

- Jumat, 23 Juli 2021 | 07:57 WIB
Jet pribadi laris manis sejak PPKM darurat
Jet pribadi laris manis sejak PPKM darurat

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bagian kelompok kaya di Indonesia, kebijakan PPKM Level 4 atau yang sebelumnya bernama PPKM Darurat, tak akan membatasi mobilitas mereka secara berarti.

Bagi separa crazy rich ini memiliki kemampuan untuk meninggalkan Tanah Air kapan saja, bahkan dengan pesawat carter atau jet pribadi super mewah.

Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengakui sebagian orang kaya telah meninggalkan Indonesia.

"Pastinya ada yang berangkat juga terutama karena ada yang khawatir dengan faskes (fasilitas kesehatan) di sini," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, dilansir dari CNBC Indonesia.

Ia bilang bila membandingkan dengan eksodus akibat lockdown India beberapa waktu lalu, Pauline melihat jumlah WNI yang keluar negeri lebih sedikit. Namun, kebutuhan untuk medis juga tidak bisa bisa dianggap sepele. Apalagi faskes yang ada di Jakarta sekalipun kerap kewalahan dalam menanganinya.

"Kalau dulu kan orang-orang kaya ini berobat dengan mudahnya ke Singapura, Malaysia, sekarang fasilitas kesehatan kita sudah hampir kolaps masuk RS susah sekali," sebut Pauline.

Limpahan mobilitas WNI ke luar negeri membuat agen travel menjadi lebih sibuk, tidak salah jika ada peningkatan penjualan, setidaknya pada bulan lalu.

"Untuk perjalanan ke luar negeri ada sedikit dampak untuk travel agent, bisa terlihat dari penjualan bulan Juni pun sudah mulai membaik dibanding bulan Mei, kita masih tunggu data penjualan bulan Juli ini," jelasnya.

Pemesan Jet Pribadi Carter Melonjak

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Gempa M 4,0 Guncang Kepulauan Batu Sumut

Jumat, 24 September 2021 | 13:26 WIB
X