Pekanbaru Tambah 505 Kasus Covid-19, Pemerintah Pusat Langsung Tetapkan PPKM Level 4

- Jumat, 23 Juli 2021 | 21:02 WIB
Ilustrasi. (Harianhaluan.com)
Ilustrasi. (Harianhaluan.com)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Terjadi penambahan 1.008 kasus yang tersebar diseluruh Kabupaten Kota, di Riau, namun yang sembuh juga banyak, total bertambah 600 orang. Pemerintah pusat langsung menetapkan Kota Pekanbaru dalam level 4 penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Ekonom Indef Aviliani: PPKM Seharusnya Ditentukan Pemda, Bukan Pemerintah Pusat

Dan dijadwalkan Riau, khususnya Kota Pekanbaru akan menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat dimulai tanggal 28 Juli.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, dengan masuknya Kota Pekanbaru sebagai daerah penyebaran Covid-19 level 4, maka Pemerintah Kota Pekanbaru diminta segera menyiapkan aturan PPKM level 4 sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat.

“Kota Pekanbaru masuk dalam PPKM level 4, aturannya nanti disesuaikan dengan apa yang telah ditetapkan. Mana yang boleh dijalankan dan mana yang tidak boleh dijalankan di Kota Pekanbaru. Itu penerapannya dimulai tanggal 28 Juli hingga 8 Agustus 2021. Jadi ada kembatasn terhadap kegiatan masyarakat sesuai aturan level 4,” kata Mimi Yuliani Nazir.

 Dijelaskan Mimi, di Kota Pekanbaru saat ini semakin mengkhawatirkan untuk penyebaran Covid-19. Dimana dalam setiap harinya terjadi penambahan yang cukup tinggi. Bahkan untuk hari ini, kasus di Pekanbaru mencapai 505 kasus. Angka ini setengah dari kasus yang ada di Riau. Untuk itu perlu penanganan yang serius dari Pemko Pekanbaru.

 “Pekanbaru 505 kasus, disusul Kabupaten Siak 110 kasus, Bengkalis 79 kasus, Inhu 48 kasus, ini daerah yahg terbanyak. Untum Kota Pekanbaru, sesuai arahan Gubernur, Pekanbaru haru menerapkan PPKM level 4, dengan menyiapkan ketersediaan tempat tidur, obat-obatan, ruang isolasi yang terlusat, yang isolasi dirumah tabf tidak memungkinkan harus tempatnya terpusat, agar penanganannya terkontrol,” kata Mimi.

 Untuk menghindari terjadinya kasus yang lebih tinggi di Kota Pekanbaru, agar tidak terjadi seperti di daerah Jawa dan sekitarnya. Harus dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PPKM level 4 ini, jangan sampai masyarakat lengah dan abai terhadap protokol kesehatan.

 “Pencegahannya hanya protokol kesehatan yang ketat, sekarang itu prokes harus lebih disiplin lagi. Pengawasan diperketat agar tidak meledak kasus seperti hari ini lagi. Semua kembali kepada kita untuk mentaatinya dengan selalu memakai masker, kalau tak perlu keluar rumah jangan keluar, jaga kebersihan,” tegas Mimi. (*)

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

Gempa M 4,0 Guncang Kepulauan Batu Sumut

Jumat, 24 September 2021 | 13:26 WIB
X