Erick Thohir Beri Angin Segar Soal Harga Pertamax dan Gaji Pekerja, Simak Nih!

- Kamis, 8 September 2022 | 12:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Ist
Menteri BUMN Erick Thohir. Ist

HARIAN HALUAN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi seperti Pertamax bisa berpeluang turun. Hal itu lantaran harga Pertamax ditentukan dengan fluktuasi harga minyak mentah dunia.

Erick mengungkapkan apabila harga minyak dunia turun, maka Pertamina akan mengikuti mekanisme tersebut dengan menurunkan harga jual Pertamax kepada masyarakat.

Baca Juga: Didampingi Erick Thohir, Andre Rosiade Kukuhkan IKM Perwakilan Belanda

"Banyak juga yang bicara, nanti kalau harga minyak dunia turun seperti apa, ya pasti kita turun, cuma yang mesti diingat apa yang dilakukan pemerintah hari ini, itu mengurangi subsidi," ujar Erick melalui keterangan tertulis usai meninjau Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC), Jakarta, dikutip dari Kumparan.com, Kamis, 8 September 2022.

Ia menilai jika minyak mentah dunia yang saat ini sebesar USD 95 per barel turun menjadi USD 75 per barel maka akan diikuti dengan harga jual Pertamax kepada masyarakat.

Baca Juga: Profil Faizal Assegaf, Aktivis yang Dilaporkan Menteri BUMN Erick Thohir ke Bareskrim Polri

"Kalau nanti harga minyak dunia turun, Pertamax akan harga pasar, jadi bisa saja turun, tapi apakah Solar dan Pertalite itu nanti harga pasar, tidak bisa karena itu subsidi," ucap Erick.

Erick menyampaikan penyesuaian harga Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter merupakan upaya pemerintah dalam mengalihkan subsidi agar lebih tepat sasaran.

Ia merasa selama ini Pertamina tetap memberikan subsidi untuk Pertamax. Erick mengatakan harga Pertamax sejatinya masih berada di bawah harga keekonomian dan harga yang ditawarkan kompetitor.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip Makna Dibalik Logo ASEAN Indonesia 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:52 WIB
X