Jika PPKM Level 4 Diperpanjang, Dunia Usaha Tak Akan Kuat

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 14:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kalangan pelaku usaha menilai, jika Kebijakan PPKM level 4 terus berlanjut, dunia usaha tidak akan bertahan.

Menurut Ketua Umum Gabungan Pedagang Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi Lukman, PPKM menyimpan dampak besar terutama pada sektor pariwisata, perhotelan, dan ekonomi masyarakat.

"Dua hari yang lalu kita ada rapat oleh para asosiasi semuanya, kalau PPKM ini diperpanjang terus menerus, kita tidak bisa tahan, terutama sektor-sektor yang terdampak parah sekali, seperti pariwisata, perhotelan, dan sebagainya," ujar Adhi Lukman dalam program 'Polemik MNC Trijaya' yang disiarkan secara daring, Jakarta, Sabtu (24/7/2021), dilansir dari Okezone.

Menurutnya, pelaku usaha sebenarnya setuju dengan dilakukannya pembatasan mobilitasnya masyarakat, agar pandemi covid 19 dapat cepat teratasi dan pelaku usaha dapat kembali pada normalnya.

"Bagi pelaku usaha, memang kita setuju, pengetatan kegiatan masyarakat, namun harus terukur. Jangan sampai semua kegiatan ekonomi terhenti," katanya.

Adhi menilai, selama ini banyak kebijakan pemerintah yang tumpang tindih khususnya dalam menangani pandemi covid 19 ini. Sering kali yang dikatakan pemerintah pusat, berbeda implementasinya di daerah.

"Kita harapkan kebijakan itu satu komando, tidak setiap daerah mempunyai kebijakan-kebijakan sendiri. Karena ini bisa memberatkan dunia usaha," katanya.

Meski demikian, dirinya tetap optimis dunia usaha yang terdampak cukup parah akibat pandemi ini akan segera pulih. Adhi melihat komitmen pemerintah dalam menggelontorkan dana untuk pemulihan ekonomi nasional tergolong cukup besar. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: okezonenews.com

Tags

Terkini

Gempa M 4,0 Guncang Kepulauan Batu Sumut

Jumat, 24 September 2021 | 13:26 WIB
X