BMKG Ungkap Potensi Tsunami di Pacitan, Mensos Risma Minta Semua Siaga

- Rabu, 28 Juli 2021 | 17:55 WIB
Tri Rismaharini. (Okezonenews.com)
Tri Rismaharini. (Okezonenews.com)

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sampaikan prediksi adanya ancaman tsunami di pantai Selatan Jawa. Untuk itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan tiga pesan untuk siaga menghadapi potensi tsunami di Pacitan.

Baca Juga: Eks Mensos Juliari Batubara Dituntut 11 Tahun Penjara Terkait Kasus Bansos

"Saya ingin menyampaikan evaluasi dari Kepala BMKG terhadap kondisi Kabupaten Pacitan yang berpotensi terjadi bencana tsunami," kata Risma dalam keterangan tertulis di laman resmi Kementerian Sosial Republik Indonesia, Rabu (28/7/2021).

"Pertama, early warning system atau sistem peringatan dini yakni dengan pengawasan pantai melalui alarm yang akan mengingatkan warga di pantai, apabila ada indikasi akan terjadi bahaya gempa dan tsunami," ujar Risma.

Baca Juga: Apa Saja yang Termasuk Limbah Medis Kategori B3?

"Kedua, menyiapkan upaya penyelamatan diri. Hal ini terkait sarana prasarana dan aksesibilitas bagi masyarakat untuk menyelamatkan diri secepatnya ketika terjadi bencana," ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa rambu-rambu petunjuk evakuasi masih kurang. “Perlu diperbanyak dan disediakan di tempat-tempat yang memang biasa dikunjungi orang. Lalu jalur evakuasi juga harus diperbanyak serta jembatan menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) yang terputus harus diperbaiki,” kata Risma.

"Untuk teman-teman Tagana (Taruna Siaga Bencana), saya minta untuk bantu pemetaan evakuasi, hambatannya apa, serta aksesnya seperti apa," kata Risma.

Menurut Risma, yang ketiga adalah menggunakan kearifan lokal. Ia mencontohkan tsunami di Aceh yang salah satu dampaknya dirasakan di Kabupaten Sumeulue.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: okezonenews.com

Terkini

Ini Daftar Lengkap 150 Pati TNI yang Dimutasi

Kamis, 16 September 2021 | 17:40 WIB

Ingat! Jika Langgar Hal Ini PNS Bisa Dipecat

Kamis, 16 September 2021 | 17:10 WIB

150 Jabatan Strategis TNI Diisi Oleh Wajah Baru

Kamis, 16 September 2021 | 15:22 WIB
X