Profil Sudrajad Dimyati, Hakim Agung yang Jadi Tersangka Suap KPK

- Jumat, 23 September 2022 | 15:20 WIB
Profil Hakim Agung Sudrajad Dimyati yang Ditetapkan sebagai Tersangka Suap oleh KPK (Ilustrasi)
Profil Hakim Agung Sudrajad Dimyati yang Ditetapkan sebagai Tersangka Suap oleh KPK (Ilustrasi)

HARIAN HALUAN - KPK menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka suap. Ia diduga menerima suap penanganan perkara di Mahkamah Agung.

Pengungkapan kasus ini terkait hasil OTT yang dilakukan KPK sejak Rabu, 21 September 2022. Dalam OTT, total ada 8 orang yang diamankan oleh KPK. Namun, Sudrajad tidak termasuk di dalamnya.

Baca Juga: KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajat Dimyati Sebagai Tersangka Suap Pengurusan Perkara Senilai Rp 800 Juta

Adapun 6 tersangka yang ditangkap langsung ditahan penyidik. KPK meminta 4 tersangka yang belum ditahan untuk segera kooperatif dengan proses hukum, termasuk Sudrajad Dimyati.

Dalam kasus ini, Sudrajad dkk diduga sebagai penerima suap. Pada saat OTT, KPK menemukan bukti uang SGD 205 ribu dan Rp 50 juta atau setara Rp 2,4 miliar.

Suap diduga terkait pengurusan perkara kasasi terkait gugatan koperasi simpan pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang. Gugatan diajukan Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto dengan diwakili melalui kuasa hukumnya yakni Yosep Parera dan Eko Suparno.

Baca Juga: KPK Sita 205 Ribu Dolar Singapura dan Rp50 Juta dari OTT Suap Perkara di Mahkamah Agung

Diduga mereka mengupayakan agar koperasi Intidana tetap dinyatakan pailit. Kedua pengacara itu kemudian melakukan pendekatan kepada sejumlah pegawai di MA yang dinilai bisa menjadi fasilitator kepada hakim. Tujuannya ialah agar kasasi dapat dikondisikan.

"DY (Desy Yustria) dkk diduga sebagai representasi dari SD dan beberapa pihak di Mahkamah Agung untuk menerima uang dari pihak-pihak yang mengurus perkara di Mahkamah Agung," kata Firli.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap! Harga Pupuk Berkemungkinan Bakal Naik

Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
X