Ternyata Tak Cuma Indonesia, Negara Ini Juga Punya 'Wanita Emas'

- Minggu, 25 September 2022 | 07:01 WIB
Ilustrasi-Emas (Pexels.com/Michael Steinberg)
Ilustrasi-Emas (Pexels.com/Michael Steinberg)

HARIAN HALUAN - Dalam beberapa waktu terakhir, heboh pemberitaan mengenai tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi penyelewengan dana PT Waskita Beton Precast pada periode 2016-2020 silam.

Salah satu tersangka kasus dugaan korupsi tersebut adalah Hasnaeni Moein, atau yang dikenal dengan sebutan 'Wanita Emas'.

Baca Juga: Profil Hasnaeni Wanita Emas: Sempat Ingin Bertarung di Pilgub DKI, Kini Ditetapkan Sebagai Tersangka

Ia mendapatkan julukan tersebut karena pernah membuat heboh dengan melakukan aksi bagi-bagi uang di Tanah Abang beberapa tahun lalu.

Setelah ditelisik lebih jauh., julukan 'Wanita Emas' yang melekat kepada Hasnaeni bukanlah karena Hasnaeni pernah membagi-bagikan uang. 'Wanita Emas' adalah kependekan dari 'Era Masyarakat Sejahtera'.

Baca Juga: Hasnaeni 'Wanita Emas' Jadi Tersangka Korupsi di BUMN, Teriak Histeris saat Ditahan

Belakangan terungkap, sosok 'Wanita Emas' lainnya ternyata ada di Peru. Namun, Ia bukanlah seorang tersangka kasus korupsi yang pernah mencoba maju dalam pemilihan umum seperti Hasnaeni, melainkan, pemulung yang mengumpulkan emas dari puing-puing.

Mengutip dari Reuters melalui CNBC Indonesia, Minggu, 25 September 2022, 'Wanita Emas' di Peru bernama Eva Chura yang sehari-hari mengais emas untuk mencari nafkah. Chura yang mendapat julukan 'pemetik emas' tinggal bersama 5 dari 8 anaknya di kaki gunung Andes.

"Dalam seminggu kadang saya bisa mendapatkan 1 gram atau 2 gram emas. Kalau saya beruntung, kadang bisa 20 gram. Tapi itu keberuntungan," kata Chura.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X