Siap-siap! Harga Pupuk Berkemungkinan Bakal Naik

- Selasa, 27 September 2022 | 15:35 WIB
Pupuk Indonesia.  (Foto: Okezone)
Pupuk Indonesia. (Foto: Okezone)


HARIAN HALUAN - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengungkapkan saat ini industri pupuk di Tanah Air tengah menghadapi tantangan yang cukup berat. Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia menyebut kalau ini karena konflik yang terjadi antara Rusia - Ukraina.

Sehingga menyebabkan rantai pasok bahan baku strategis untuk pupuk mengalami kendala. Terutama untuk pupuk NPK.

"Tentu industri pupuk saat ini ada beberapa tantangan, seperti pasokan bahan baku karena pasar komoditas dunia, dan konflik di Ukraina dan Rusia yang menyebabkan suplai bahan baku strategis untuk pupuk NPK itu tersendat," kata Ruky dalam Market Review IDX Channel, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Prabowo Tanggapi Santai Isu Kemungkinan Jokowi Jadi Cawapresnya

Disamping itu Ruky menjelaskan saat ini juga terjadi kenaikan pada harga gas dan peningkatan biaya transportasi pasca pemerintah menaikan harga BBM.

Tentu itu juga bakal mendongkrak harga pupuk itu sendiri.

"Harga gas dan harga transportasi yang sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, harga bahan baku NPK meningkat 4 kali lipat," ucap Ruky.

Sebagai produsen pupuk pelat merah, Ruky menjelaskan pihaknya bakal melakukan efisiensi untuk menahan harga pupuk agar tidak naik kembali meski tantangannya cukup berat.

"Kami berusaha sebagai produsen pupuk untuk melakukan efisiensi dan menahan harga pupuk Indonesia dibawah harga pasar Internasional," jelas Ruky.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X