Boy Rafli Amar, Jenderal Bintang Tiga Urang Awak, Raih RM Award

- Kamis, 29 September 2022 | 12:05 WIB
Boy Rafli Amar.  (ANTARA/HO-Humas BNPT)
Boy Rafli Amar. (ANTARA/HO-Humas BNPT)

HARIAN HALUAN - Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Tokoh Penanggulangan Radikalisme Dan Terorisme”. Acara digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu malam, 28 September 2022.

Rakyat Merdeka Award 2022 untuk Indonesia Pulih dan Bangkit adalah bentuk apresiasi atas hasil kerja keras, sumbangsih jasa, pemikiran dan perjuangan yang berat dari sejumlah tokoh saat menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat pandemi, selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Boy Rafli Amar Sebut Sekitar 1.500 WNI Menjadi Teroris Lintas Batas

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun, tak membuat paham radikalisme dan terorisme berhenti. Justru, kian tumbuh subur. Bak virus Corona, penyebarannya pun kian masif, terutama lewat media sosial.

Menangani virus radikalisme dan terorisme, Boy Rafli menyiapkan 4 vaksin. Keempat vaksin itu adalah konsensus kebangsaan, revitalisasi nilai-nilai Pancasila, moderasi beragama, dan penguatan budaya Nusantara.

Baca Juga: Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar Kunjungi Polda Aceh

Keempat vaksin ini dinilai ampuh untuk membasmi radikalisme. Referensinya bukan kaleng-kaleng. Ada hasil surveinya. Diteliti di laboratorium dan berdasarkan pengalaman di lapangan.

Salah satu program inovatif BNPT di bawah kepemimpinan jenderal polisi bintang tiga itu adalah program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, yakni Kawasan Terpadu Nusantara (KTN). Program ini terdiri dari kawasan ekonomi inti, kawasan penyangga dan kawasan plasma kemitraan.

Para mantan napiter yang selesai menjalani masa hukuman, dapat bergabung dengan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, termasuk para keluarganya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rm.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X