Pertamax Cs Turun Tapi Solar Nonsubsidi Naik

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIAN HALUAN - PT Pertamina (Persero) baru saja mengumumkan penyesuaian harga produk bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi yang mulai berlaku efektif pada Sabtu (1/10/2022).

Namun dalam penyesuaian tersebut, selain menurunkan harga produk BBM tertentu, perusahaan juga menaikkan harga untuk beberapa produk.

Adapun dalam pengumuman resminya, Pertamina menurunkan dua jenis produk BBM non subsidi yakni bensin Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98). Namun di sisi lain juga menaikkan harga dua jenis Solar non subsidi, yakni Dexlite dan Pertamina Dex.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa harga BBM non subsidi akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus. Paling tidak penyesuaian akan dilakukan secara berkala setiap bulannya.

Baca Juga: Waspada! WHO Sebut Kasus Kolera Meningkat di Seluruh Dunia

"Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk Gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk Gasoil (diesel) Dexlite dan Pertamina Dex penyesuaiannya naik harga. Seluruh penyesuaian harga berlaku mulai tanggal 1 Oktober," kata Irto kepada CNBC Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

Mengenai adanya perbedaan penyesuaian harga pada produk Pertamax Series dan Dex Series, Irto menjelaskan bahwa hal ini diakibatkan oleh kondisi energi global, salah satunya adalah geopolitik di Eropa Timur.

Kondisi ini menyebabkan tingginya permintaan produk bahan bakar gas di seluruh dunia, dan salah satu substitusi produk bahan bakar gas adalah bahan bakar diesel yang harganya mengacu kepada MOPS Kerosene.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X