Menteri LHK: Pemerintah Tengah Siapkan Instrumen Pengelolaan Limbah Medis Covid-19

- Kamis, 29 Juli 2021 | 11:24 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM  - Limbah medis Covid-19 terus meningkat. Hingga 27 Juli 2021 mencapai 18.460 ton yang berasal dari fasilitas layanan kesehatan, rumah sakit darurat, tempat isolasi dan karantina mandiri, uji deteksi, maupun vaksinasi.

Baca Juga: SMKN 2 Lubuk Basung Rangking 15 Nasional dan Peringkat 1 di Sumbar

Limbah B3 Covid-19 antara lain bekas infus, masker, botol vaksin, jarum suntik, pelindung wajah, perban, pakaian hazmat, dan APD. Kemudian, pakaian medis, sarung tangan, alat PCR, antigen dan alkohol swab.

Terkait dengan hal tersebut, pemerintah tengah menyiapkan semua instrumen untuk pengelolaan limbah medis infeksius agar dapat segera teratasi. Pemerintah akan memberikan dukungan fasilitas dan anggaran, baik yang berasal dari Satgas Covid-19, dana transfer ke daerah, maupun sumber pendanaan lainnya, serta usaha swasta karena perlu  cepat dilakukan penyiapan sarana.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebutkan, ada tiga langkah utama KLHK dalam penanganan limbah B3 medis Covid-19 tersebut.

Baca Juga: Dinas Perkim LH Kota Pariaman Lakukan Pengujuan Udara di 13 Titik

Pertama, KLHK memberikan dukungan relaksasi kebijakan terutama untuk fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang belum memiliki izin. Mereka diberikan dispensasi operasi dengan syarat insenerator suhu 800 derajat Celcius, dan diberikan supervisi.

“Jadi sejalan dengan UU Cipta Kerja yang juga sudah membuat lebih sederhana persetujuan (sebelumnya izin) dan diberikan utuh, bukan  lagi satu persatu izin per tahapan seperti sebelumnya,” jelas Siti Nurbaya dalam konferensi pers secara virtual usai mengikuti Rapat Terbatas Kabinet yang dipimpin Presiden RI tentang Pengelolaan Limbah B3 Medis Covid-19, Rabu (28/7/2021).

Dana yang diproyeksikan untuk itu sebesar Rp1,3 triliun, yang diminta Presiden Jokowi untuk di-exercise guna membuat sarana-sarana incinerator dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Gempa M 4,0 Guncang Kepulauan Batu Sumut

Jumat, 24 September 2021 | 13:26 WIB

Begini Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 21

Jumat, 24 September 2021 | 10:36 WIB
X