Apa pun Varian Covid-19, IDI: Lawan dengan Prokes dan Vaksinasi

- Kamis, 29 Juli 2021 | 12:36 WIB
Ilustrasi masker
Ilustrasi masker

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Kesehatan menyebutkan Varian Covid-19 sudah banyak ditemukan di Indonesia. Tercatat adanya kasus infeksi Varian Delta, Alpha, Beta, Kappa, dan terbaru Delta Plus.

Varian Delta Plus Covid-19 ditemukan di dua wilayah Tanah Air yaitu Jambi dan Mamuju. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai sumber utama keberadaan jenis ini. Namun kabar baiknya, pasien Varian Delta Plus diketahui telah pulih.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jambi pun membenarkan bahwa Varian Delta Plus terdeteksi ada di wilayahnya. Kabar tersebut pun cukup mengejutkan.

"Berdasar sumber, iya Varian Delta Plus ada di Jambi. Jujur kami kaget Varian Delta Plus muncul di wilayah kami," terang dr Nirwan Satria SpAn, perwakilan IDI Jambi, dalam keterangan pers virtual belum lama ini, dilansir Okezone.

Wilayah Sumatera lainnya yang juga melaporkan adanya kasus varian covid-19 adalah Kepulauan Riau. Memang bukan Varian Delta Plus yang ditemukan di sana, melainkan Delta dan Alpha.

"Di Kepri tidak ditemukan kasus Delta Plus, tapi di sini ada Varian Delta dan Alpha," kata dr Rusdani, perwakilan IDI Kepulauan Riau.

Lalu di Aceh sampai saat ini dilaporkan tidak ada kasus varian covid-19 apa pun. "Di Aceh tidak terbukti adanya Varian Delta, termasuk Delta Plus," kata dr Safrizal Rahman, perwakilan IDI Aceh.

Terlepas dari penemuan itu semua, terang dr Nirwan, mau apapun variannya, masyarakat masih bisa mencegah terpapar dengan memperketat protokol kesehatan. Ini menjadi salah satu kunci agar semua orang tidak terinfeksi varian covid-19 apa pun itu.

"Apa pun variannya, kita bisa lawan dengan protokol kesehatan," ungkap dr Nirwan.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Gempa M 4,0 Guncang Kepulauan Batu Sumut

Jumat, 24 September 2021 | 13:26 WIB

Begini Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 21

Jumat, 24 September 2021 | 10:36 WIB
X